Rahma : “Lomba Bercerita sebagai Ajang Giatkan Literasi”

METROBATAM.COM. Tanjungpinang – Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang telah menggelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se-Kota Tanjungpinang secara virtual beberapa waktu lalu. Setelah penentuan pemenang, Wan Samsi selaku kepala dinas membawa para pemenang melaporkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan.

Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP pada kesempatan itu menyerahkan hadiah kepada para pemenang, di Rumah Dinas Walikota Tanjungpinang, Kamis (24/6).

Rahma menyampaikan, lomba bercerita merupakan salah satu cara dalam menggiatkan program gemar membaca oleh anak-anak. “Sangat penting untuk menumbuhkembangkan kreativitas anak-anak di Kota Tanjungpinang, terutama kreativitas dalam membaca. Ini untuk merangsang kerja otak dan imajinasi mereka dalam menggiatkan dirinya dalam gerakan literasi yang menjadi program pemerintah,” ungkapnya.

Rahma juga menjelaskan saat ini pemerintah telah melakukan berbagai program untuk menyalurkan kreativitas anak dan sebagai wujud kepedulian sosial terhadap anak-anak terutama dalam masa pandemi Covid-19 saat ini. “Untuk itu kepada pihak sekolah, baik kepala sekolah, guru-guru dan orang tua mari kita dukung sepenuhnya kreativitas yang dimiliki anak-anak kita. arahkan kepada hal yang positif, apalagi untuk membiasakan membaca buku dan membatasi penggunaan gadget, terutama dalam masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan anak-anak lebih kreatif dan terus berprestasi,” lanjutnya.

Bacaan Lainnya

Meskipun dilaksanakan secara virtual atau daring, Rahma sangat mengapresiasi para peserta yang telah berpartisipasi dengan sangat luar biasa. “Saya sangat bangga kepada para peserta yang telah mengikuti lomba dengan totalitasnya, tujuannya agar kreatifitas serta imajinasi anak didik tidak melemah, dengan tetap belajar di rumah dapat berprestasi dengan baik,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Drs. H. Wan Samsi, MM menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat dan budaya gemar membaca, menambah wawasan mengenai cerita rakyat dan mengembangkan serta meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak dalam seni bercerita.

Wan Samsi menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan secara berjenjang untuk mempersiapkan duta Kota Tanjungpinang di perlombaan tingkat Provinsi. Pelaksanaan lomba juga diubah sedemikian rupa sesuai dengan protokol kesehatan. “Saya mengajak kita semua untuk bertekad mendudukkan Duta Bercerita Kota Tanjungpinang sebagai Juara 1 di perlombaan tingkat Provinsi Kepulauan Riau, Lomba Bercerita ini diubahsuai dari sistem sebelumnya dan harus mematuhi protokol kesehatan serta dilaksanakan secara virtual atau daring,” ungkapnya.

Sebagai juara 1 yaitu Qayla Khafifah Arrasyid dari SDN 004 Bukit Bestari, Juara 2 Devan dari SDN 005 Bukit Bestari dan Juara 3 Libra Fatikha Qulby dari SDN 001 Tanjungpinang Timur. Sebagai informasi pada tahun 2020 lalu, utusan Kota Tanjungpinang berhasil memperoleh peringkat kedua di tingkat Provinsi Kepri. Dan pada tahun 2021 ini ditargetkan menjadi juara pertama untuk tingkap Provinsi Kepri agar dapat dikirim ke tingkat Nasional.

Kemuadian para pemenang menampilkan penampilan pada lomba bercerita di depan Walikota Tanjungpinang beserta pendamping dari kepala sekolah dan guru pembimbing. (B.Ar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *