Orang Tua dan Guru Harus Kreatif Arahkan Pengetahuan IT Bagi Peserta Didik

METROBATAM.COM|BUNTOK, – Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Bhaskarogra Basuki Dwiatmaja menyampaikan, ditengah pengaruh globalisasi dan meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IT). Orang tua dirumah dan guru disekolah harus mampu kreatif dalam mengarahkan peserta didik tersebut ke arah yang positif.

“Perihal tersebut sangat penting dilakukan agar peserta didik dirumah maupun disekolah mendapatkan pelajaran dan pengetahuan pada media sosial tidak kearah negatif,”kata Bhaskarogra, Senin (14/6/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, oleh sebab itu orang tua dirumah dan guru disekolah dituntut harus mampu kreatif mengarahkan peserta didik tersebut kearah positif. Khususnya dalam pengontrolan penggunaan internet pada handphone dengan melakukan pendampingan dan memberikan pemahaman yang baik

Kegiatan yang bersifat negatif tersebut ialah menyukai permainan online atau browsing internet pada telepon seluler atau warnet. Hal ini bisa saja menjadi salah satu pendidikan yang salah. Pasalnya, tanpa ada control dari semua pihak tentunya bisa saja berujung kearah pendidikan yang salah (Negatif).

“Penyebab faktor peserta didik itu bisa salah dalam menyerap informasi, bisa saja akibat dari kelalaian dalam pengontrolan penggunaan media sosial di Internet pada handphone maupun warnet,”ungkap

Ditengah keterbukaan informasi yang serba canggih saat ini, tidak dapat dipungkiri banyak anak yang menerima hal yang notabenenya negatif atau menerima informasi yang dikhususkan untuk orang dewasa.

Semua itu tampaknya membawa dampak negatif bagi peserta didik dalam menyerap ilmu dan pengetahuan. Akibat dari Kondisi itu, mengharuskan adanya upaya dari semua pihak dalam mengarahkan peserta didik tersebut mendapatkan pendidikan secara baik dan benar (positif).

“Disini sangat penting dilakukan pemetaan kesesuaian dengan usia mereka dalam menyerap Informasi di era yang serba canggih saat ini. Khususnya penggunaan internet pada handphone maupun warnet,” papar politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Barsel ini.

Metrobatam.com (N-S)

Pos terkait