Gubernur Kepri Apresiasi Kesediaan BP Batam yang Menghibahkan Lahan untuk Jembatan Batam-Bintan

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad

METROBATAM.COM|TANJUNGPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dalam upayanya membangun jembatan Batam-Bintan terus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Kali ini Badan Pengusaha (BP) Batam menyatakan kesediaannya untuk menghibahkan lahan di Batam kepada Kementerian PUPR yang dapat dijadikan sebagai jalan menuju jembatan Batam-Bintan.

Inisiasi BP Batam ini sangat diapresiasi oleh Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad saat mengikuti Rapat Tindak Lanjut Penghibahan Lahan antara BP Batam dengan Kementerian PUPR. Gubernur Ansar mengatakan dukungan dari BP Batam tersebut sudah menunjukkan progres pembangunan jembatan Batam-Bintan tersebut menjadi semakin realistis.

“Kami menyambut baik hal ini, memang usai kunjungan Bapak Menko Perekonomian Airlangga Hartarto kemarin sudah diinstruksikan agar BP Batam bisa memberikan hibah lahan untuk pembangunan jembatan yang di Batam,” ucap Gubernur Ansar dari Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (16/8).

Untuk menindaklanjuti dukungan dari BP Batam ini, Gubernur Ansar akan mengirimkan surat kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljo tentang hibah lahan dari BP Batam.

Bacaan Lainnya

Gubernur Ansar juga menjelaskan jika Pemprov Kepri bersama dengan DPRD Kepri telah menyetujui beberapa anggaran di APBD Perubahan Kepulauan Riau tahun 2021 untuk mendukung realisasi pembangunan jembatan ini. Yaitu antara lain Rp44 miliar untuk pembebasan lahan di Bintan, Rp3,5 miliar untuk studi lingkungan, dan Rp8,6 miliar untuk soil test dan uji kedalaman.

“Setiap Minggu kita rapat kecil bersama tim untuk membahas progres-progres apa yang sudah tercapai untuk jembatan itu,” ujar Gubernur Ansar.

Selain itu, Gubernur Ansar melalui Asisten II Syamsul Bahrum juga telah berkomunikasi dengan leader sector Asian Infrastucture and Investment Bank Andreas Pizarro yang akan menjadi calon konsorsium untuk pembiayaan sebagai pembangunan jembatan tersebut.

Gubernur Ansar mewakili masyarakat Kepri mengharapkan kepada pemerintah pusat untuk ikut memberikan keseriusan pada pembangunan jembatan Batam-Bintan. Karena menurutnya jembatan ini akan menjadi penghubung dari dua kawasan ekonomi yang sangat potensial sebagai daya bangkit dari perkenonomian nasional. Batam dan Bintan sebagai dua daerah yang mempunyai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) akan mampu memaksimalkan keistimewaan KEK tersebut dengan terintegrasinya Batam dan Bintan melalu jembatan.

“Ini merupakan cita-cita lama dari masyarakat Kepri yang juga akan menjadi sebuah ikon nasional untuk Indonesia karena bersandingan dengan negara-negara tetangga,” kata Gubernur Ansar.

(BUD/HUM)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *