Bersama KKKS Kepri, SKK Migas Gelar Lomba Karya Jurnalistik 2021

Keterangan gambar: Webinar KKKS Wilayah Kepri dan SKK Migas yang dibuka oleh Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad, dihadiri oleh Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Rinto Pudyantoro, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus, Ketua PWI Kepri, Candra Ibrahim, VP Relations & Security Medco E&P, Arif Rinaldi dan perwakilan Manajemen Premier Oil Indonesia, Star Energy, West Natuna Exploration Ltd dan Kufpec Indonesia, Selasa (12/10/2021).

METROBATAM.COM, KEPRI – Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Wilayah Kepulauan Riau (Kepri) bersama Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Perwakilan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) kembali menggelar kegiatan Webinar dan Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) 2021.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya KKKS dan SKK Migas untuk terus memberikan informasi terbaru tentang perkembangan industri hulu migas khususnya di Kepri kepada jurnalis. Hal ini mengingat besarnya peran jurnalis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Kegiatan ini juga merupakan upaya KKKS-SKK Migas untuk terus menjalin silaturahim dengan jurnalis dan pemangku kepentingan di Kepri meskipun di tengah pandemi Covid-19. Kegiatan Webinar ini digelar pada Selasa (12/10/2021) dengan tema Efek Berganda Industri Hulu Migas bagi Pembangunan Daerah Kepulauan Riau dan diikuti oleh ratusan jurnalis di Kepri.

Keterangan gambar: Brosur hadiah yang akan didapat oleh para peserta.

Acara dibuka oleh Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad, dan dihadiri oleh Kepala Divisi (Kadiv) Program dan Komunikasi SKK Migas Rinto Pudyantoro, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri Candra Ibrahim, VP Relations & Security Medco E&P Arif Rinaldi dan perwakilan Manajemen Premier Oil Indonesia, Star Energy, West Natuna Exploration Ltd dan Kufpec Indonesia.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh wartawan senior Selamat Ginting, serta Direktur ReforMiner Institut Komaidi Notonegoro sebagai narasumber eksternal.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus, mengatakan dalam sambutannya bahwa, Webinar dan Lomba Karya Tulis Jurnalistik (LKTJ) yang merupakan salah satu wujud sumbangsih SKK Migas dan KKKS Wilayah Kepulauan Riau dalam mendukung dan memfasilitasi Wartawan dalam membuat karya tulis.

“Webinar dan Lomba Karya Tulis Jurnalistik ini juga merupakan bagian dari Pra-Forum yang direncanakan oleh SKK Migas Sumbagut-KKKS Wilayah Sumbagut sebagai gerbang awal dan pembuka Forum besar yang direncanakan akan dilaksanakan pada 16 hingga 18 November 2021, yang diberi nama Northern Sumatra Forum yang bertujuan sebagai wadah untuk sharing antar KKKS Wilayah Sumbagut dalam meningkatkan hubungan dengan stakeholder guna kelancaran operasional industri hulu migas,” kata Rikky.

Dikatakannya, SKK Migas-KKKS di Wilayah Kepri tidaklah berjalan sendiri, melainkan membutuhkan bantuan dan dukungan dari Wartawan dalam menyampaikan informasi kepada publik sehingga keberadaan media dalam kegiatan hulu migas mempunyai arti penting dalam memberikan pengertian secara luas kepada masyarakat tentang pentingnya kegiatan hulu migas.

Sementara, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, mengatakan bahwa, webinar ini sangat bermanfaat bagi rekan-rekan media di Kepri karena dapat menambah wawasan tentang dampak positif industri hulu migas.

“Saya berharap peran industri hulu migas menjadi signifikan dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kepri khususnya di 4 kabupaten yang menjadi area kerjanya. Oleh karena itu, saya berharap, jurnalis yang bekerja di wilayah-wilayah kerja dapat menjadi mitra bagi KKKS dan SKK Migas. Jurnalis sebagai penyampai informasi harus mampu memberikan pemberitaan yang tepat dan berimbang sehingga pemahaman masyarakat tentang industri hulu migas semakin positif,” ujar Gubernur Ansar dalam sambutannya.

Informasi yang diterima, untuk LKJ akan diikuti oleh jurnalis cetak dan online yang bertugas di Kepri dan akan berlangsung selama tiga (3) minggu, dimulai 12 Oktober mendatang dengan tema LKJ yakni Efek Berganda Industri Hulu Migas bagi Pembangunan Daerah Kepri, dan Mengenal Kearifan Lokal demi Mendukung Tercapainya Target Migas Nasional 1 Juta Barel.

Sementara, VP Relations & Security Medco E&P, Arif Rinaldi yang mewakili KKKS, mengatakan, kegiatan ini sebagai bagian dari bentuk kemitraan KKKS, SKK Migas dan PWI Kepri untuk memberikan apresiasi kepada jurnalis dalam memberitakan informasi yang bermanfaat pada masyarakat terkait industri hulu migas sehingga operasi di wilayah ini dapat berjalan aman dan lancar.

“Peran media sangat strategis dalam mendukung kelancaran operasi KKKS, terutama di masa sulit seperti saat ini,” ujarnya. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *