11 Kecamatan di Kota Batam Sudah Zona Hijau

METROBATAM.COM, BATAM – Sebanyak 11 Kecamatan di Batam sudah masuk zona hijau. Hanya tersisa Kecamatan Lubukbaja masih zona kuning dengan dua pasien masih dirawat hingga Jumat (19/11/2021).

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengapresiasi semua pihak yang terus bejuang melawan Covid-19 hingga Batam menuju zona hijau. Meski begitu, Rudi tetap mengingatkan masyarakat tetap waspada ancaman lonjakan kasus menjelang Natal dan Tahun Baru 2022.

“Protokol kesehatan jangan sampai kendur. Sama-sama kita menjaga diri dan keluarga demi menghilangkan Covid-19 dari Batam,” ujar Rudi.

Adapun protokol kesehatan yang dimaksud Rudi seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Bacaan Lainnya

“Dengan upaya ini semoga Covid-19 segera berakhir,” katanya.

Selain protokol kesehatan, pihaknya juga berpesan bagi warga yang belum divaksin segera disutik untuk mencapai 100 persen dari total sasaran vaksinasi di Batam. Data Pemko Batam, hingga 18 November 2021, capaian vaksinasi dosis pertama sudah 87,30 persen atau 792.075 warga dari total sasaran 907.317.

“Capaian ini tergolong tinggi dibandingkan daerah lain. Meski begitu, kita terus menggesa agar mampu mencapai 100 persen,” katanya.

Rudi juga mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan vaksinasi dan juga penanganan Covid-19 di Kota Batam. Ia berharap, dengan pulihnya Kota Batam dari Covid-19, mampu diiringi pulihnya ekonomi daerah tersebut.

“Hampir dua tahun sudah kita melawan Covid-19. Alhamdulillah kini sudah membuahkan hasil dan tinggal dua pasien lagi agar Batam benar-benar menjadi zona hijau,” katanya.

Untuk diketahui, data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, sejak awal terindikasi penyebaran Covid-19 pada Maret 2019 lalu, total 25.834 pasien di Batam. Dari total itu, 24.992 pasien dinyatakan sembuh dan 841 pasien meninggal dunia, serta dua orang masih dirawat.

“Fokuskan perawatan dua pasien tersisa hingga Batam jadi nol kasus Covid-19. Doakan saudara kita (pasien) segera sembuh dan masyarakat lain dapat dihindarkan dari wabah ini,” ujar Rudi. (MCB/Fai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *