Gubernur Ansar Dukung Pengembangan Energi Listrik Alternatif di Kepri

Gubernur Ansar Dukung Pengembangan Energi Listrik Alternatif di Kepri

METROBATAM.COM|TANJUNGPINANG –Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad terus membuka kemungkinan pengembangan-pengembangan sumber energi listrik alternatif di Kepri. Salah satunya adalah pengembangan sumber energi listrik dari tenaga surya.

Terkini Gubernur Ansar membahas kemungkinan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan PT. Pertamina Power Indonesia di Swissbell Hotel , Batam, Rabu (3/11). Dalam pertemuan tersebut Gubernur Ansar menegaskan mendukung penuh pengembangan sumber energi alternatif tersebut.

“Dalam peralihan sumber energi dari batubara, minyak bumi, dan gas ke sumber energi alternatif, dalam upaya memaksimalkan green energy, akan kita dukung semaksimal mungkin. Ini juga akan mendukung program Kepri Hijau dan Kepri Terang” ujar Gubernur Ansar.

Dalam upaya pengembangan PLTS ini bukan tanpa hambatan. Menurut Gubernur Ansar lahan adalah masalah utama. Lahan yang diperlukan diproyeksikan seluas lebih kurang 2000 Ha agak sulit kecuali bekerja sama dengan pihak-pihak yang mempunyai kawasan tertentu.

Bacaan Lainnya

“Alternatif lain adalah pemanfaatan permukaan air baik laut maupun danau untuk instalasi panel surya saya rasa masih memungkinkan. Kita akan melihat kandidat lokasi yang tepat pertimbangan lokasi dan jarak yang baik dan juga dari sisi cost nya tidak terlalu mahal” ungkap Gubernur Ansar.

Selanjutnya Gubernur Ansar mengutarakan bahwa baik anak perusahaan BUMN ataupun perusahaan swasta murni dapat berpartisipasi dalam pengembangan PLTS ini. Dengan segala hambatan lahan dan alternatifnya, yang terpenting adalah peralihan dari sumber energi tak terbarukan ke energi alternatif tetap berjalan.

Sementara itu Sales Branch Manager Rayon II PT. Pertamina Willian Handoko Gotama menyampaikan bahwa saat ini Pertamina tidak hanya bergerak di bidang minyak dan gas saja, namun juga di bidang energi.

“Untuk itu dengan melihat potensi besar Kepri untuk pengembangan energi, khususnya PLTS. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, kami memerlukan support dari Pemprov Kepri. Karena dengan pengembangan PLTS ini juga akan mendukung Program Kepri Terang dengan energi yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan” katanya.

Turut menghadiri pertemuan tersebut Sales Manager Retail Kepri PT. Pertamina (Persero) Fachrizal Imanuddin, Sales Branch Manager Rayon I. PT. Pertamina (Persero) Reiza Pradipta Ma’ruf, Anggota DPRD Provinsi Kepri Sahat Sianturi, dan Kepala Dinas ESDM Kepri Hendri kurnadi.

 

(Hum/Budi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *