HUT Marinir Ke-76, Satuan Tugas Kompi Komposit Marinir Natuna Gelar Donor Darah

METROBATAM.COM, NATUNA – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Marinir Ke-76 Th, Satuan tugas Kompi komposit Marinir Nanuna bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan RSUD Natuna menggelar donor darah. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Bapra Kompi komposit marinir Natuna, Setengar, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (09/11/2021).

Kegiatan donor darah ini dihadiri oleh personel dari Satgas Kompi komposit Marinir Natuna, Lanal Ranai, Kodim 0318 Natuna, Yon komposit I/Gardapati, Denhanud 477 Paskhas Natuna, Dan Polres Natuna. Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 Wib berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Bacaan Lainnya

Dimulai dari para pendonor melaksanakan pengecekan kesehatan yang meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan hemoglobin darah, dan pemeriksaan kadar oksigen dalam darah.

Setelah dinyatakan sehat dan memenuhi syarat oleh dokter, maka pendonor siap untuk melaksanakan donor darah.

Adapun pengertian dari donor darah itu sendiri adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela/pendonor untuk disimpan dalam Bank darah, dalam hal ini PMI, yang nantinya akan digunakan pada saat transfusi kepada resipien atau orang yang membutuhkan. Selain berguna bagi kesehatan resipien, kegiatan donor darah juga bermanfaat kesehatan bagi pendonor.

Komandan Satgas komposit Marinir, Mayor Teguh Pristiyanto Mengatakan, manfaat kesehatan yang didapat oleh pendonor meliputi sebagai sarana pemeriksaan kesehatan secara gratis, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, mengurangi kelebihan zat besi dalam darah, memperlancar sirkulasi darah, dan mencegah stroke.

“Kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuhkan kepedulian sosial terhadap sesama dan membantu meningkatkan stok darah yang ada di PMI,” terang Mayor Teguh.

Lanjut Mayor Marinir Teguh Pristiyanto D. S., S.E. menyampaikan bahwa, “kegiatan donor darah ini merupakan wujud kepedulian sosial Korps Marinir dalam pengabdian kepada masyarakat,” ungkapnya mengakhiri. (Rdn)

 

Pos terkait