JKIP Bukittinggi Gelar Anugerah Jurnalistik 2021

METROBATAM.COM, Bukittinggi — Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi ke-237 tahun 2021, Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (JKIP) Bukittinggi bekerjasama dengan Pemko Bukittinggi menggelar Anugerah Jurnalistik HJK Bukittinggi 2021.

Iven yang diadakan berupa Seminar Nasional dengan menghadirkan para pakar, akademisi dan birokrat senior yang akan memaparkan tema “Bukittinggi Dulu, Kini dan Nanti”.

Bacaan Lainnya

Ketua JKIP Bukittinggi, Rifa Yanas menjelaskan Seminar Nasional ini rencananya akan digelar di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi di Belakang Balok pada Selasa, 21 Desember 2021.

“Seminar ini melibatkan peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Rifa sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Jumat (12/11/2021).

Selain itu, juga digelar Lomba Karya Jurnalistik untuk dua kategori yaitu media cetak dan online. Para pemenang bakal memperebutkan total hadiah Rp20 juta.

“Karya jurnalistik yang dilombakan memuat Tema Menuju Bukittinggi Hebat dan Tantangan Bukittinggi ke depan,” katanya.

Karya yang dapat diikutkan berupa feature atau indepth news dengan topik seputar kondisi terkini Kota Bukittinggi ditelaah dengan visi-misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi.

“Berita memuat minimal satu kalimat berisi Bukittinggi Hebat,” tambahnya.

Dijelaskan, karya yang dilombakan harus terpublikasi di media masing-masing peserta dalam rentang waktu 10 November 2021 sampai dengan 15 Desember 2021.

“Pengiriman karya diterima panitia paling lambat 15 Desember 2021 pukul 23.59 WIB,” katanya.

Peserta dapat mengirimkan karya melalui email [email protected] dengan melampirkan foto kartu pers (format jpg), screenshoot bukti tayang berita (format pdf) dan naskah asli berita (format word/docx).

“Pada subjek email ditulis: Anugerah Jurnalistik HJK Bukittinggi 2021. Sedangkan di body email dituliskan nama peserta, kategori media, judul berita, nama media, dan nomor kontak yang bisa dihubungi,” terangnya.

Dewan juri dalam lomba ini melibatkan Lestantya R Baskoro (Komisi Pendataan Dewan Pers yang juga tenaga pengajar dan penguji wartawan LPDS), Hendra Makmur (Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi Nasional AJI), dan Martias Wanto (Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi).

“Proses penjurian akan dilakukan mulai 16 Desember 2021 sampai 20 Desember 2021. Daftar pemenang akan diumumkan pada 21 Desember 2021,” jelas Rifa.

Penyerahan hadiah untuk pemenang lomba jurnalistik ini nantinya akan diselenggarakan pada 22 Desember 2021 bertepatan acara puncak HJK Bukittinggi ke-237.

Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi, Martias Wanto menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya pemberitaan seputar Kota Bukittinggi termasuk program kerja pemerintahan masih sangat terbatas.

“Belum banyak Pers yang memberitakan realisasi Bukittinggi Hebat secara komprehensif. Semoga agenda ini mampu memotivasi para jurnalis untuk terus berkarya serta mendongkrak publikasi informasi ke tengah-tengah masyarakat luas,” harapnya.

“Ini gagasan yang rancak sekali dan harus segera direalisasikan,” pungkasnya. (rel/pangeran)

Pos terkait