Satgassus Korem 033 WP Kembali Merilis Data PMI Positif dan Dirawat di RSKI Covid-19

Keterangan gambar: Petugas Satgassus di Wilayah Provinsi Kepri mengecek PMI saat tiba di Batam. /Dok. PenRem 033 WP

METROBATAM.COM, TANJUNGPINANG – Tim Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Penanganan Pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Covid-19 Daerah Perlintasan di Wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di bawah kendali Komandan Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama (WP), Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Jimmy Ramoz Manalu, menyampaikan bahwasanya, belum ditemukan Covid-19 varian baru Omicron pada PMI yang pulang ke Indonesia melalui jalur Batam.

Adapun data yang diterima METROBATAM.COM, menyebutkan bahwa, sebanyak 126 PMI kembali masuk ke Indonesia melalui pintu Pelabuhan Internasional Feri Batam Center dan Harbour Bay, pada Rabu, 12 Januari 2022. 126 PMI itu terdiri dari 80 orang yang datang dari Malaysia dan 46 dari Singapura.

Sementara, total penghuni yang dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulang Galang, Kampung Vietnam, Provinsi Kepri, Batam, karena positif Covid-19 tercatat sebanyak 243 orang dan masih ditangani. Jumlah ini terdiri dari 158 laki-laki dan 85 perempuan dengan okupansi sebesar 52,83 persen dari penurunan data sebelumnya.

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 033/WP, Mayor Infanteri (Inf) Reza Fahlevi, Rabu (12/1/2022), mengatakan, ke semua PMI yang datang tersebut dinyatakan negatif Covid-19 setelah menjalani dua tahapan tes, yakni antigen dan swab polymerase chain reaction (PCR) pertama.

Bacaan Lainnya

“Mereka dinyatakan negatif, setelah menjalani tes swab antigen dan PCR pertama,” kata Mayor Inf Reza.

Keterangan gambar: Pemeriksaan kesehatan oleh petugas Satgassus Penanganan Pemulangan Pekerja Migran Indonesia Covid-19 Daerah Perlintasan di Wilayah Provinsi Kepri saat PMI tiba. /Dok. PenRem 033 WP

Terhadap penanganan PMI, dijelaskan Kapenrem 033/WP bahwa, pihaknya sudah melakukan segala upaya dengan semaksimal mungkin, terlebih dengan adanya varian baru yang masuk ke Indonesia. Capaian-capaian tersebut merupakan buah hasil dari kerja sama agar penanganan semakin cepat terwujud.

“Bapak Danrem 033/WP (Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu) dan Satgassus PMI sedang terus berupaya yang terbaik dalam menjalankan tugas demi menjaga masyarakat Kepri tepapar dari Covid-19. Harapan kita semua, agar virus Covid-19 baru Omicron ini tidak menyebar. Segala usaha akan kami lakukan semaksimal mungkin, dalam penanganan PMI ke Indonesia,” tutupnya. (Ilh4m)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *