Ombak Pasang Terjang 62 Rumah di Batu Merah

puting beliung di batu merah

Metrobatam.com, Batam – Angin kencang disertai ombak besar menerjang sejumlah rumah penduduk yang berdiri di pinggir laut Kelurahan Batu Merah, Batu Ampar, Senin dini hari (8/2). Angin disertai obak itu menyebabkan sebanyak lebih dari 62 rumah rumah dilaporkan rusak. Dari jumlah tersebut 14 diantaranya roboh dan hancur, sedangkan 45 lagi rusak berat.

Hingga kini, belum ada laporan adanya korban jiwa akibat dampak bencana terjangan ombak pasang tersebut, namun beberapa orang mengalami luka-luka akibat terkena runtuhan dan material bagunan. Warga yang terkena musibah untuk sementara diungsikan kerumah tetangga dan posko pengungsian sementara yang terletak di Masjid Al Muhajirin, Batu Merah.

Berdasarkan pantauan metrobatam.com, sejumlah rumah kayu yang berdiri dibibir pantai rubuh hingga masuk ke laut, sedangkan beberapa rumah lagi diantaranya mengalami kerusakan pada bagian atap dan dinding. Terlihat bantuan dari pemerintah sudah berdatangan untuk membantu warga yang terkena musibah. Begitu juga dengan pihak Kepolisian Polresta Barelang dan Komando Distrik Militer dan Satuan Polisi Pamong Praja juga telah menyalurkan sejumlah bantuan makanan dan minuman.

Warga yang ditemui dilokasi mengatakan bahwa musibah ombak pasang disertai angin kencang memang terjadi setiap tahunnya. Peristiwa yang paling besar dalam beberapa tahun belakangan adalah pada tahun 2009, namun pada tahun ini lebih besar dibanding tahun-tahun tersebut . (edj)