oleh

BMKG Kota Batam: Imbau Warga Berhati-hati Terhadap Angin Kencang

-BATAM, KEPRI-84 views

 

Metrobatam.com, Batam – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Batam mengimbau warga Kepulauan Riau untuk berhati-hati terhadap angin kencang yang terjadi di seluruh wilayah Kepri pada Rabu.

Prakirawan BMKG, Pande Made Rony Kurniawan mencatat kecepatan angin di Kepri mencapai 55 km per jam, jauh lebih tinggi dari kondisi biasanya yang hanya sampai 35 km per jam.

“Untuk transportasi darat dan udara, diimbau untuk berhati-hati terhadap kecepatan angin yang cukup tinggi,” kata dia.

BMKG juga meminta warga lebih mengantisipasi cuaca hujan ringan hingga sedang yang terkadang disertai petir.

“Sementara untuk aktivitas kelautan diimbau lebih berhati-hati terhadap gelombang laut yang tinggi, angin kencang serta arus laut yang kuat,” kata dia.

Gelombang laut di Kepri diperkirakan mencapai 4 meter dan arus laut hingga 80 cm per detik.

Pande menjelaskan, daerah-daerah pusat tekanan rendah di sepanjang ekuator menyebabkan banyak massa udara lembab dari daratan Asia mengalir ke daerah itu, melewati wilayah Kepri, dan mengalami perlambatan.

Hal itu menyebabkan penumpukkan massa yang mengakibatkan pembentukan awan-awan konvektif.

Sementara itu, cuaca buruk, angin kencang disertai gelombang laut tinggi sudah melanda Batam dan wilayah lain di Kepri sejak akhir pekan lalu.

Angin kencang dan gelombang tinggi menghantam beberapa daerah pesisir Batam pada Minggu (7/2), hingga menyebabkan 17 rumah hancur dan hanyut dan puluhan rumah lainnya rusak ringan hingga sedang.

Wakil Wali Kota Batam Muhammad Rudi meminta warga yang tinggal di rumah panggung di atas laut untuk mengungsi, terutama di kala malam hari, demi mengantisipasi cuaca buruk.

“Karena gelombang semakin tinggi biasa terjadi pada malam hari,” kata dia. (and)

sumber: antara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed