DPR Apresiasi Penangkapan Buronan BLBI Samadikun

METROBATAM.COM, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR Sumi Dasco Ahmad mengapresiasi tertangkapnya buronan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono.

Menurutnya, penangkapan tersebut bisa dilakukan karena kerjasama yang baik antar institusi seperti Badan Intelijen Negara (BIN), Kepolisian dan Kejaksaan.

Read More

“Penangkapan ini harus dijadikan momentum bagi penegak hukum kita untuk terus mengejar buronan BLBI lainnya seperti Lesmana Basuki, Eko Budi Putranto, Hary Matalata, Bambang Sumantri dan lain-lain yang diduga kabur ke Tiongkok seperti halnya Samadikun,” kata Dasco kepada wartawan, Sabtu (16/4/2016).

Lebih lanjut Dasco mengatakan, saat ini buronan BLBI sudah lelah menghindar dari aparat kepolisian.

“Rumornya sebagian dari mereka justru jadi bulan-bulanan mafia di Tiongkok yang memeras mereka karena mendeteksi bahwa mereka adalah buronan yang dicari pemerintah Indonesia. Mungkin saja mereka mulai berfikir dari pada hidup terus dalam kejaran dan diperas lebih baik menyerahkan diri dan menjalani hukuman di Indonesia,” paparnya.

Ia juga berharap, BIN harus bisa memanfaatkan seluruh jaringan dan hubungan yang mereka miliki untuk mencari informasi detail tentang keberadaan para buronan BLBI

Kendati demikian, dirinya meminta untuk pemulangan burunan BLBI bukan hanya sekadar pemulangan namun juga dapat mengembalikan aset yang sempat mereka bawa.

“Satu hal yang penting adalah bagaimana melakukan tracking terhadap aset-aset para buronan tersebut. Pemulangan para buronan harus paralel dengan pemulangan aset yang mereka bawa kabur selama ini,” tandasnya. (*)

Related posts