Awas Calo.! Harga Tiket Kapal Laut Mudik Lebaran Tidak Naik

Metrobatam.com, Batam – Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau memastikan harga tiket kapal laut antar-kabupaten/kota di provinsi itu tidak akan naik pada mudik Lebaran 2016.

“Tidak ada kenaikan, termasuk tiket kapal perintis juga tidak naik,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Muramis di Batam, Jumat.

Bacaan Lainnya

Pemerintah berupaya meringankan beban masyarakat dalam perayaan Idul Fitri sehingga mengambil kebijakan melarang kenaikan harga tiket kapal.

Harga tiket kapal antarpulau antar-kabupaten/kota yang berlaku, kata dia, seusia dengan Peraturan Gubernur terbaru, yaitu saat penyesuaian harga bahan bakar minyak beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk harga tiket antarpulau dalam kabupaten/kota, harga sesuai dengan Peraturan Bupati/Wali Kota terbaru.

“Contoh Tanjung Balai Karimun ke Tanjung Batu itu SK Bupati, karena dalam Kabupaten Karimun, dari Batam ke Tanjungpinang itu SK Gubernur. Jd tidak ada kenaikan di segala jurusan,” kata Muramis.

Sementara untuk jadwal pelayaran, sampai saat ini belum dipastikan penambahan kapal perintis menuju pulau-pulau di Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas juga menegaskan tidak ada kenaikan harga tiket Bus Trans yang beroperasi di Kota Batam dan Kota Tanjungpinang.

Sayang, ia belum dapat memastikan jadwal operasional Bus Trans di Batam dan Tanjungpinang-Bintan, karena menunggu rapat koordinasi Dinas Perhubungan tiap kabupaten kota.

Sedangkan untuk tiket penerbangan, ia menyerahkan kepada maskapai, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No.126 Tahun 2016 tentang batas bawah dan batas atas.

Ia mengingatkan jika ada maskapai yang memberlakukan harga melebihi batas atas yang ditetapkan, akan ada teguran langsung dari Kementerian Perhubungan.

Selain teguran, Kemenhub juga akan membekukan izin rute selama sepekan. (mb/antara)

Pos terkait