Sampah akan Menumpuk Selama Lebaran, Ini Penyebabnya

Tumpukan sampah di tepi jalan Trans Barelang, Sagulung. (Foto Batam Pos)

Metrobatam.com, Batam – Produksi sampah ditengah masyarakat menjelang dan akhir lebaran ini akan meningkat drastis seiring banyaknya kebutuhan dan produksi yang dilakukan rumah tangga.

Namun disaat yang sama jumlah pertugas kebersihan yang bekerja berkurang karena banyak dari mereka yang pulang mudik dan cuti selama lebaran. Kondisi ini akan mengakibatkan penumpakan sampah di Kota Batam

Bacaan Lainnya

“Biasanya menjelang lebaran itu sampah yang kita angkut pasti lebih banyak. Baik itu sampah kering maupun sampah banyak. Sebabnya banyak yang renovasi rumah dan banyak yang bersih-bersih rumah. Kira-kira bisa bertambah 100 ton lah sehari,” demikian dikatakan salah pengemudi truk sampah, ketika ditemui disela-sela unjuk rasa di kantor walikota, Batam Centre, Kamis (30/6).

Dikatakannya, biasanya selama lebaran petugas kebersihan libur selama 3 hari. Namun kenyataannya seperti biasa libur petugas kebersihan bisa hingga satu minggu, bahkan ada yang lebih jika pulang mudik. “Paling yang bekerja itu nanti bagi yang non muslim. tapi jumlahnya hanya sekitar 20 persen dari semua petugas kebersihan,”jelasnya.

Disamping itu, terlambatnya pencairan THR oleh Pemko Batam juga akan berpengaruh terhadap kinerja petugas kebersihan. Mereka mengaku kecewa dengan keterlambatan yang tidak pernah terjadi tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau kami terlambat membawa sampah, kami ditekan-tekan, tapi kalau THR kami terlambat mereka diam saja. Harus demo kayak ini baru mereka perhatian kita. Gimana kami mau kerja dengan loyalitas,”ujarnya kecewa. (iswandi)

Pos terkait