Gempa 6.4 SR Di Flores Timur, Merupakan Gempa Patahan Lokal Tidak Berpotensi Tsunami

Metrobatam.com Kupang – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Flores Timur dengan kekuatan 6.4 Skala Richter pada pukul 09:13:04 WITA dan ditetapkan tidak berpotensi Tsunami.

Kepala Badan Meteorologi Klimatolongi dan Geofisika Kupang/Koordinator BMKG NTT Hasanudin, Senin (5/12) mengatakan Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 09:13:04 WITA dengan kekuatan M=6.4 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 7.32 LS dan 123.40 BT, pada kedalaman 524 km.

Read More

“Dari Shake Map yang kami dapatkan bahwa untuk yang paling merasakan guncangan dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau (III-IV MMI), daerah Kabupaten Sumba Timur dan Tambolaka, Sumba Barat, akan tetapi dari laporan warga setempat hanya beberapa orang saja yang merasakan guncangan gempa bumi tersebut,”Ujarnya

Terkait dengan peristiwa gempa bumi di Timur Laut kabupaten Flores Timur yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 09.45 WITA, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Hasanudin berharap Masyarakat tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir Pulau Flores di himbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dalam akibat aktivitas patahan lokal,” katanya menjelaskan. (MB/Antara)

Related posts