Tanah Bergerak, Puluhan Rumah Retak dan Sejumlah Jalan Amblas

Metrobatam, Trenggalek – Pergeseran tanah di Desa Terbis, Trenggalek, Jawa Timur, tak hanya merusak jalan, puluhan rumah juga turut menjadi korban. Jumlah rumah yang retak terus bertambah.

Berdasarkan informasi dari Sekretaris Desa Terbis, Nurhadi, Kamis (15/12) malam, saat ini rumah yang mengalami retak berjumlah sekitar 34 unit dari semula 20 unit.

Read More

Menurut Nurhadi, meningkatknya jumlah rumah yang terdampak diakibatkan oleh aktivitas pergerakan tanah yang terus-menerus terjadi. Bahkan saat ini pergeseran tanah cenderung lebih cepat dibanding beberapa hari lalu.

“Rumah yang sebelumnya lebar retakannya 30 centimeter, saat ini terus bertambah hingga hampir satu meter. Lihat saja saat ini suara retakan terus terjadi dari dalam rumah,” katanya.

Nurhadi menambahkan, sejumlah rumah penduduk yang sebelumnya tidak mengalami retakan, kini mulai terjadi retakan di dinding maupun lantai rumah. Menurutnya, meskipun jumlah rumah yang terdampak mengalami lonjakan, namun jumlah warga yang mengungsi masih tetap 9 kepala keluarga.

“Para pengungsi saat ini memilih untuk menumpang di rumah sanak saudara atau di rumah penduduk lainnya yang lebih aman. Sedangkan untuk rumah yang retakannya tidak parah masih bertahan,” ujar Nurhadi.

Sementara itu sesuai dengan data di pemerintah desa setempat, jumlah bangunan yang telah dibongkar mencapai 10 unit, terdiri dari 9 unit rumah penduduk dan 1 unit musala.

“Beberapa rumah proses pembongkarannya masih belum selesai, tapi warga tidak berani melanjutkan, karena kondisnya sudah sangat berbahaya, retakannya cukup lebar dan rawan ambruk,” ujar salah seorang warga, Suyitno.

Menurutnya, saat ini warga memilih untuk membiarkan sisa rumah tersebut ambruk dengan sendirinya, daripada membahayakan warga yang melakukan proses pembongkaran.

Selain rumah penduduk, kodisi jalan utama desa yang amblas juga terus bertambah. Jalan yang sebelumnya hanya amblas sekitar setengah meter, saat ini semakin dalam hingga mencapai hampir 2 meter.(mb/detik)

Related posts