Anggota Banggar DPRD Batam dan Tim TAPD Bahas KUA PPAS 2017 Sampai Tengah Malam

Sekwan DPRD Batam

Metrobatam.com, Batam – Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Batam bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Batam terus membahas Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Platfond Anggaran Sementara (KUA PPAS) 2017 hingga tengah malam.

Sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Kota Batam, Arsil, bahwa hingga Kamis (5/1) pukul 22.47 WIB pembahasan KUA PPAS di ruang serbaguna DPRD Batam masih terus berlangsung. “Iya, untuk rapat lanjutan sedang berlangsung sampai jam 11 malam ini,” tulis Asril melalui pesan singkatnya. Meski belum ada jaminan kapan rapatnya berakhir.

Read More

Wakil Ketua DPRD Batam, Iman Sutiawan yang diwawancarai sebelum pembahsan mengatakan, bahwa pembahasan menuju pengesahan APBD Kota Batam 2017 sudah mengerucut. Dimana menurutnya kedua belah pihak (Exekutif dan Legislatif) sudah sudah punya kesepahaman, hanya saja menurutnya butuh waktu.

“Sudah mengerucut, tapi ini butuh waktu agar memasukkan program-program tersebut tidak melanggar aturan perundang-undangan,” ujar politisi Gerindra ini. Selain sudah ada kesepahaman, lanjut Iman, kedua belah pihak juga sudah punya komitmen yang sama untuk memburu pengesahan APBD Batam 2017 ini pada bulan Januari.

Keterlambatan pengesahan APBD Batam 2017 tersebut, lanjut Iman, karena keterbatasan anggaran, sementara banyak usulan dari masyarakat yang disampaikan melalui Musrembang dan Reses DPRD Batam. Sehingga harus benar-benar dipilah mana yang prioritas untuk direalisasikan.

“Harusnya sama-sama diakomodir, karena Musrembang dan Reses sama-sama dibiayai pemerintah, dan sama-sama bertujuan untuk membangun masyarakat,” terangnya. Ada kesan, kata Iman, selama ini Dewan turun ke lapangan menjaring aspirasi masyarakat, tetapi belum maksimal karena tidak terakomodir secara baik dalam APBD, karenanya butuh pembahasan.

“Masyarakat menilai kami (Dewan) tidak maksimal, selalu turun Reses tapi hasilnya tidak ada dalam bentuk pembangunan,” katanya lagi. Karenanya, mereka dari 50 DPRD sepakat tahun ini benar-benar ada proporsional dalam penyusunan APBD 2017.

Mb/Haluan

Related posts