Malam Ini Diperkirakan Aliran Listrik akan kembali Normal

Metrobatam.com, Batam – Aliran listrik di Batam, Kepulauan Riau, diperkirakan normal kembali pada Senin mulai pukul 20.00 WIB, setelah teknisi PT Bright PLN memperbaiki transmisi yang tersambar petir.

“Kami perkirakan listrik kembali normal mulai pukul 20.00 WIB. Besok juga sudah tidak ada gangguan,” kata Humas Bright PLN Batam, Yoga di Batam, Senin.

Read More

Bright PLN Batam terpaksa melakukan pemadaman listrik bergilir akibat defisit daya 30 persen atau sebanyak 100 mega watt, dari total penyaluran setiap hari.

Petir yang menyambar line transmisi 150 KV Batubesar-Tanjungkasam pada pukul 3.14 WIB dini hari, menyebabkan PLTU mati total dan mengganggu aliran listrik ke seluruh pulau utama Batam.

Yoga menjelaskan karena PLTU mati total, maka ikut mengganggu sumber listrik Batam lainnya, karena jaringan di seluruh kawasan sudah terinterkoneksi, bahkan sampai Bintan.

“Teknisi kami langsung bekerja, dan pembangkit lain yang kecil bisa mulai hidup pada pukul 3.30 WIB. Sedangkan untuk menghidupkan PLTU dibutuhkan waktu yang lebih lama,” kata dia.

Selama menunggu PLTU beroperasi kembali, maka Bright PLN akan memberlakukan pemadaman listrik bergilir.

Meski begitu, Yoga memastikan anak PT PLN (Persero) itu akan memprioritaskan penyaluran listrik di bandara, rumah sakit, dan objek vital lainnya.

“Itu prioritas, bandara, rumah sakit, pemerintah, listriknya menyala lebih cepat, sempat mati hanya sekitr 30 menit saja, kemudian normal kembali,” kata dia.

Pengaliran listrik ke Pulau Bintan, juga terganggu beberapa saat, karena sistem sudah interkoneksi. Namun, saat ini, normal kembali dengan mengaktifkan beberapa sumber tenaga listrik selain dari Batam.

“Bintan sudah normal dengan menghidupkan pembangkit sendiri,” kata dia.

 

Mb/Antara

Related posts