Bright PLN Batam akan Perluas Pelayanan ke Daerah yang Belum Terlayani

Metrobatam.com, Batam – PT Pelayanan Listrik Nasional (Bright PLN Batam) berkomitmen memperluas jangkauan pelayanan ke daerah yang belum terlayani, bila pemerintah setuju menaikkan tarif listrik di Batam, Kepulauan Riau.

“Kami berkomitmen mengembangkan sayap untuk berinvestasi, karena banyak saudara kita yang belum menikmati listrik,” kata Sekretaris Perusahaan Bright PLN Batam, Samsul Bahri di Batam, Kepulauan Riau, Senin.

Read More

Ia mengatakan, sejumlah daerah yang masuk wilayah pelayanan Bright PLN Batam belum teraliri listrik karena keterbatasan modal untuk pengembangan mengingat perusahaan swasta yang tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Sesuai peraturan, wilayah kerja Bright PLN Batam sama dengan wilayah Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam, yaitu pulau utama Batam dan pulau-pulau yang tersambung oleh rangkaian enam jembatan Barelang.

“Di Sembulang, misalnya, karena program kerja kami sampai ke situ,” kata dia.

Untuk membangun jaringan sampai ke Sembulang dibutuhkan investasi sekitar Rp1,3 miliar, padahal di pulau itu hanya terdapat sekitar 133 Kepala Keluarga.

Begitu pula di Cijantung yang berada di Jembatan Lima Barelang yang belum menikmati listrik Bright PLN Batam.

“Kalau hitung bisnis, kami enggak untung. Tapi itu keinginan kami, ingin listrik,” katanya.

Selain memperluas jaringan pelayanan, Bright PLN Batam juga berkomitmen meningkatkan kehandalan mutu pelayanan.

“Kami berkomitmen menjaga kehandalan mutu karena  banyak hal harus dijaga. Jaringan misalnya, mana yang kira-kira harus dipelihara, diganti,” kata dia.

Untuk meningkatkan kehandalam mutu, dibutuhkan biaya untuk mengganti atau memperbaiki barang yang rusak.

Sementara itu, dia menegaskan, hingga saat ini tarif listrik Batam belum naik, dan masih dalam pembahasan Pemerintah dan DPRD Provinsi Kepri.

Ia mengatakan, anak perusahaan PLN Persero itu belum menerima surat keputusan dari pemerintah dan DPRD Provinsi Kepri mengenai persetujuan kenaikan tarif listrik.

Bright PLN Batam memang mengajukan usulan kenaikan tarif listrik kepada pemerintah dan DPRD Provinsi Kepri sejak beberapa waktu lalu. Dan hingga kini, masih dalam pembahasan di pemerintah dan DPRD.

“Sampai detik ini, kami belum terima surat resmi tentang disetujuinya usulan kami. Kami hanya sekedar mengusulkan tapi jawabannya belum ada sama sekali,” kata dia.

Mb/Antara

Related posts