Pelatihan yang Digelar Disnaker Kota Batam tahun 2017, Pelatihan Dasar K3 Paling Diminati

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti (FOTO : NET)

Metrobatam.com, Batam – Pelatihan Dasar Kesehatan dan Keterampilan Kerja (K3) paling banyak pendaftarnya dalam pelatihan yang digelar Dinas Tenaga Kerja Kota Batam tahun 2017. Sebanyak 764 pencari kerja berkompetisi memperebutkan kuota 40 orang dalam pelatihan tersebut.

Selain pelatihan dasar K3, Disnaker juga menggelar 19 jenis pelatihan lain khusus untuk pencari kerja di Batam. Pelatihan welder dan electrical technician juga banyak diminati pencari kerja seperti halnya pelatihan dasar K3.

Read More

Terdata 619 orang mendaftar di pelatihan welder dengan kuota 10 peserta. Sedangkan kuota 20 peserta untuk pelatihan electrical technician diminati 534 pencari kerja.

“Yang paling banyak diminati memang pelatihan yang berkaitan dengan dunia industri di Batam, seperti welder, electrical,” kata Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti di Sekupang, Minggu (12/2).

Pelatihan lain yang digelar Disnaker bagi pencari kerja yaitu akuntansi MYOB, autocad, microsoft, teknik komputer, Bahasa Inggris, HRD. Kemudian pelatihan sekuriti, mobile crane kelas 3, scaffolding, electrical instrument, teknik pendingin, pipe fitter, motor tempel, rigger. Serta pelatihan juru ukur atau teknisi survey pemetaan dan hydroponik.

Pendaftaran peserta sudah berlangsung pekan lalu, 7-10 Februari di Kantor Disnaker di Sekupang. Total 5206 orang yang mendaftar di Disnaker.

“Kuota hanya 646 peserta untuk 20 jenis pelatihan. Makanya kita adakan seleksi nanti. Seleksi diadakan di Batam Tourism Polytechnic,” kata Rudi.

Menurut dia tingginya minat pencari kerja ikuti pelatihan ini karena tidak dipungut biaya alias gratis. Sementara jika ikut pelatihan secara pribadi, mereka harus keluarkan uang yang tidak sedikit.

“Ada yang satu pelatihan itu bisa sampai Rp 20 jutaan,” ujarnya.

Mb/Mcb

Related posts