4 Ruas Tol Trans Sumatera Beroperasi Akhir 2017

Metrobatam, Jakarta – Akan ada beberapa ruas tol Trans Sumatera yang bakal beroperasi hingga akhir 2017. Dengan estimasi pengadaan lahan, cuaca, dan faktor non teknis lainnya lancar, ruas-ruas ini diproyeksi bisa rampung hingga akhir tahun ini.

Ruas-ruas tersebut antara lain Bakauheni-Terbanggi Besar, Palembang-Indralaya, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, dan Medan-Binjai. Meski belum seluruh seksi dari tiap empat ruas tersebut bisa rampung, namun paling tidak ini bisa dibuka secara fungsional, tergantung dari kesiapan dari progres jalan ini nantinya.

Read More

“Jadi ini adalah indikasi kita dengan asumsi semuanya baik-baik. Tanahnya sejalan, curah hujan tidak ekstrem. Tetapi BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) juga terus bekerja keras menyelesaikan sesegera mungkin agar bisa dioperasikan. Karena kalau beroperasi kan cepat ada revenue yang masuk. Jadi buat mereka ini penting, tidak ada niatan untuk berlama-lama,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, kepada detikFinance saat dihubungi di Jakarta, Kamis (9/3).

Herry menjelaskan, bisa saja ruas-ruas yang telah dipetakan untuk rampung tadi mundur jadwalnya dikarenakan alasan-alasan non teknis seperti di atas. Namun demikian, ia optimistis target 1.000 kilometer (km) jalan tol baru bisa rampung hingga 2019.

“Tahun ini kan baru bulan Maret. Masih ada sembilan bulan lagi. Kita kan prinsipnya selama masih ada waktu kita kejar. Harapannya yang kita targetkan di 2017 tadi tetap bisa terkejar. Pokoknya di 2019, 1.000 kilometernya terpenuhi bahkan lebih, itu yang kita janjikan,” ucapnya.

Berdasarkan data monitoring BPJT per 3 Maret 2017 yang diterima detikFinance, untuk urusan pengadaan tanah, progresnya dari keempat ruas yang ditarget rampung pada tahun ini telah mencapai lebih dari 70%.

Bakauheni-Terbanggi Besar misalnya. Dari panjang total 155 km, progres konstruksinya secara keseluruhan saat ini mencapai 21,68%. Sedangkan untuk tanah telah mencapai 72,49%. Sepanjang 14,11 kilometer (km) dari total ruas yang terdiri dari paket I (Pelabuhan Bakauheni-Bakauheni) dan paket II (Sidomulyo-Kotabaru) pada medio 2017 ini ditarget rampung.

Sedangkan untuk ruas Palembang-Indralaya yang juga akan dibuka seksi I (Palembang-Pamulutan) 7,75 km dan III (KTM-Simpang) 9,28 km, progres konstruksi secara keseluruhan dari total panjang ruas 24,5 km adalah sebesar 45,22%, dan pengadaan tanah 94,14%.

Dan ruas terakhir yang bakal rampung tahun ini, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, saat ini progres konstruksi telah mencapai 53,47% dengan pengadaan tanah sebesar 88,83%. Ruas sepanjang 62 km ini bakal beroperasi penuh hingga akhir 2017.

Sementara ruas Medan-Binjai, dari total panjang keseluruhan 17 km, progres fisiknya saat ini 44,47% dengan pengadaan tanah 87,9%. Dua seksi dari ruas ini ditarget rampung pada Juni ini, yakni seksi II (Helvetia-Semayang) sepanjang 6,18 km dan Medan Binjai seksi III (Semayang-Binjai) 4,28 km. (mb/detik)

Related posts