oleh

Ini Kopilot Cantik yang Salat di Kokpit Pesawat Garuda

Metrobatam, Jakarta – Seorang kopilot cantik maskapai Garuda Indonesia Sarah Widyanti Kusuma salat di kokpit pesawat. Fotonya lalu diunggah oleh pilot, Jaka Pituana ke media sosial lalu viral.

Siapa Sarah Widyanti Kusuma?

Dalam akun Twitter resminya, Garuda Indonesia pernah mencuitkan soal Sarah pada 9 Mei 2014 lalu. Sarah saat itu disebut adalah pilot wanita termuda Garuda Indonesia, kelahiran 3 Maret 1988.

Di instagramnya, @sarah.widy , Sarah mengenakan hijab bila sedang tak terbang. Sarah menjadi kopilot Garuda di saat usianya 21 tahun. Menjadi pilot perempuan, Sarah sempat dianggap sebelah mata, entah oleh rekan seprofesinya atau pramugari.

“Awal-awal memang ada yang meremehkan. Entah itu sesama pilot atau pramugari. Mereka mengira karena aku pilot wanita dan baru, pasti landingnya jelek,” ujar Sarah yang merupakan lulusan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug itu.

Ucapan meremehkan itu dijawab Sarah dengan pembuktian nyata. Dia tidak membalas ucapan tersebut dan memilih langsung menunjukkan bahwa dirinya memang mampu.

“Saya tunjukkan sama mereka kalau saya bisa. Akhirnya mereka malah ngomong kalau pilotnya wanita landingnya smooth, lebih halus,” kata Sarah saat ditemui Wolipop di Gandaria City, Jakarta Selatan, Rabu.

Dia berharap bisa menerbangkan pesawat ke Antartika. Wanita yang bersuamikan pilot ini juga tengah menempuh pendidikan untuk menjadi seorang kapten. “Goal pilot itu menjadi kapten. Saya pun ingin menjadi dosen untuk bisa menyalurkan ilmu-ilmu saya,” kata ibu dari seorang putri ini.

Vice President (VP) Corporate Communication Garuda Indonesia, Benny S Butarbutar mengatakan bahwa Sarah memang memiliki kebiasaan menunaikan salat di dalam kokpit.

“Di dalam pesawat memang harus dekat-dekat (Tuhan) dengan berdoa,” kata Benny saat berbincang dengan detikcom, Rabu (29/3).(mb/detik)

News Feed