Innalillahi… KH Hasyim Muzadi Meninggal Dunia, Disemayamkan di Depok

Metrobatam, Jakarta – Kabar duka datang dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Mantan Ketua Umum PBNU, KH Hasyim Muzadi meninggal dunia sekira pukul 06.15 WIB di kediamannya di Malang, Jawa Timur.

“Kabar meninggalnya pukul 06.15 WIB,” kata Katib Syuriyah PWNU DKI Jakarta KH Ahmad Zahari saat dikonfirmasi Okezone, Kamis (16/3).

Read More

Berdasarkan informasi yang dihimpun, anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu akan disemayakan di Pondok Pesantren Al Hikam, Depok, Jawa Barat. Kiai Hasyim akan diterbangkan dari Malang siang nanti.

Seperti diketahui, kesehatan Kiai Hasyim menurun sejak beberapa bulan terakhir. Ia sempat dirawat di RS RS Lavalette, Kota Malang. Bahkan, Presiden Joko Widodo sempat menjenguknya pada Rabu 15 Maret 2017.

Rencananya, jenazah akan disemayamkan usai ba’da zuhur di Depok. “Bakda dzuhur dari Malang menuju Depok,” kata KH Ahmad Zahari.

Mantan Rais Am PBNU, KH Mustofa Bisri alias Gus Mus menyampaikan duka yang mendalam lewat akun media sosialnya. Gus Mus menyatakan bahwa Indonesia telah kehilangan salah satu tokoh.

“Innalillahi Wa Inna Illaihi Roji’un. Kita kehilangan lagi seorang tokoh, mantan Ketum PBNU, KH Hasyim Muzadi. Semoga husnul khatimah,” tulis Gus Mus di akun resmi Twitter, Kamis (16/3).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD mengatakan bahwa Kiai Hasyim merupakan tokoh yang bisa mencotohkan bagaimana hidup dalam keindonesian dan keislaman yang damai dan berprinsip.

“Kiai Hasyim Muzadi adalah tokoh yang bisa mencontohkan kepada kita bagaimana hidup dalam keindonesiaan dan keislaman yang damai dan berprinsip,” tulis Mahfud lewat akun Twitter-nya, Kamis (16/3).

Menurut Mahfud, kematian bagi manusia seperti menunggu kereta-kereta lewat. “Tinggal mau ikut yang sekarang atau yang berikutnya atau yang berikutnya lagi,” sambung Mahfud MD.

Sementara itu ungkapan duka atas meninggalnya mantan Ketum PBNU itu mengalir di media sosial. Melalui akun Twitter-nya, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin mendoakan agar amal almarhum diterima di sisi-Nya.

“Telah wafat KH. Hasyim Muzadi pagi ini. Mari doakan almarhum diampuni kesalahannya, diterima amal bajiknya, berada di sisiNya. Al-faatihah,” tulis @lukmansaifuddin.(mb/okezone)

Related posts