Kemarin Malam, Kebakaran Sempat Terjadi di Kargo Bandara Hang Nadim

Ilustrasi

Metrobatam.com, Batam – Kebakaran sempat terjadi di Terminal Kargo Bandara Internasional Hang Nadim Batam diduga karena salah penanganan terhadap dua koli baterai yang hendak dikirim keluar Batam.

“Kebakaran terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, tapi tidak sempat membesar dan meluas. Hanya asap saja yang banyak, apinya kecil saja,” kata General Manager Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Jumat malam.

Read More

Ia mengatakan kebakaran tersebut dengan cepat bisa ditangani oleh petugas di Terminal Kargo Hang Nadim sehingga tidak mengganggu aktivitas lainnya.

Suwarso menduga kemungkinan besar memang karena gesekan antara baterai yang hendak dikirim. Apalagi setelah ditimbang petugas memindahkannya dengan cara dilempar.

“Itu semua baterai ponsel yang bukan jenis dilarang. Dikira tidak akan terjadi apa-apa saat pemindahan dengan dilempar, tapi ternyata malah terbakar saat pemindahan,” kata dia.

Ia mengatakan pengiriman baterai ponsel tersebut, sesuai dengan prosedur yang ada. Pengirim mencantumkan isi dari barang yang akan dikirimkan.

Barang tersebut juga sempat diperiksa dengan kamera pemindai (x-ray) dan tidak menunjukkan hal yang aneh karena sudah sesuai prosedur.

“Namun hal ini menjadi pelajaran, ke depan pihak kargo akan diminta lebih berhati-hati dalam pengangkatan barang agar peristiwa serupa tidak terulang,” kata Suwarso.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam merupakan fasilitas milik Badan Pengusahaan (BP) Batam yang dibangun sejak periode 1980 untuk menunjang kegiatan perekonomian kawasan itu.

Selain melayani kargo wilayah domestik, setiap hari ada maskapai yang rutin melakukan penerbangan kargo tujuan Singapura.

Mb/Antara

Related posts