oleh

Korban Tewas Banjir Bandang di Padangsidempuan Bertambah Jadi 5 Orang

Metrobatam, Medan – Korban tewas dalam banjir bandang di Kecamatan Padangsidempuan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, sudah lima orang. Tim SAR gabungan telah menemukan kelima jenazah dan baru tiga yang teridentifikasi.

Tiga jasad korban yang sudah teridentifikasi ditemukan tadi malam, beberapa saat setelah air bah menerjang.

Mereka adalah Syahriana Situmorang (45 ) yang bekerja sebagai petani. Rofiah Sarungpaet (8) dan Sakinah Sarungpaet (10), keduanya masih pelajar. Ketiga korban adalah warga Lingkungan 3, Kelurahan Lubuk Raya, Padangsidimpuan.

“Diduga korban hanyut dibawa arus sungai yang pada saat itu banjir dan kedua mayat ditemukan di pinggir sungai Kelurahan Lubuk Raya,” kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting, Senin (27/3).

Dua dari tiga korban itu langsung dibawa ke rumah duka karena keluarganya menolak dibawa ke Rumah Sakit Umum Padangsidimpuan.

Selain menewaskan 5 orang warga, banjir di Padangsidimpuan, juga merusak rumah-rumah warga dan menghanyutkan kendaraan. Sapuan banjir dari luapan sungai Batang Ayumi membawa banyak batang pohon ke permukiman.

Rina mengatakan, ada 4 orang yang mengalami luka ringan akibat banjir. Kerugian untuk sementara mencapai Rp 4,5 miliar. “Dengan rincian rumah rusak 17 unit. Rumah hanyut 33 unit dan kendaraan hanyut 7 unit. Lokasi yang paling parah akibat banjir tersebut di Kelurahan Batunadua Julu,” ujarnya.

Para korban asat ini masih didata. TNI dan Polri juga ikut membantu termasuk menyiapkan posko tanggap darurat. “Petugas bersama-sama membantu para korban bencana alam banjir dan membangun posko tanggap darurat untuk para korban,” sebutnya.

Dalam tanggap darurat ini, anggota Polri yang dilibatkan dari Polres Padangsidimpuan sebanyak 200 personel, 60 personel Brimob , 100 orang anggota BPBD dan 50 orang tim medis.

“Setiap kecamatan dibuat posko kesehatan dari Dinas Kesehatan Kodya Padangsidimpuan sedangkan Polri dan Dinas Kesehatan membuat lima posko dan juga dipersiapkan alat-alat berat 2 unit, 5 unit mobil truk, 3 unit mobil pemadam kebakaran untuk pembersihan TKP akibat banjir bandang tersebut,” terang Rina.(mb/okezone)

News Feed