Kulit Terbakar Sinar Matahari, Ini 5 Langkah untuk Mengatasinya

Metrobatam.com, (Mb) – Anda memiliki banyak kegiatan diluar rumah? atau Anda terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari yang terik secara langsung, maka Anda bisa mengalami sunburn atau kulit terbakar sinar matahari. Kulit yang terbakar akibat sinar matahari yang menyengat dapat menjadi gelap atau kemerahan bahkan mengelupas. Banyak cara untuk mengatasi kulit terbakar sinar matahari, seperti yang dilansir oleh magforwomen.com. Dan berikut ini ada 5 hal yang dapat Anda lakukan bila kulit Anda terbakar sinar matahari:

1. Mandi dengan relaks
Setelah terkena sunburn, Anda dapat mandi dengan relaks. Hati-hati memperlakukan kulit Anda yang sedang sensitif. Jangan gosok dengan handuk, cukup ditepuk-tepuk saja sampai kering dan jangan gosok badan dengan sabun yang terlalu keras. Gunakan air dengan suhu normal dan bukan air hangat atau dingin.

Bacaan Lainnya

2. Minum banyak air
Jangan sampai Anda dehidrasi. Minumlah banyak air putih agar kebutuhan cairan dalam tubuh Anda tercukupi. Rasa kulit terbakar akan semakin terasa jika Anda mengalami dehidrasi.

3. Konsumsi obat pereda nyeri jika diperlukan
Anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri jika diperlukan. Anda juga dapat mengoleskan petroleum jelly untuk mencegah peradangan atau iritasi pada kulit.

4. Lindungi daerah kulit yang terbakar sinar matahari
Jika Anda akan keluar rumah, Anda dapat mengenakan pakaian yang menutupi daerah yang terkena sunburn. Melindunginya dengan mengoleskan krim atau gel lidah buaya.

5. Kompres dengan air dingin
Untuk membantu mengurangi peradangan dan iritasi, kompres bagian kulit yang terkena sunburn dengan menggunakan air dingin.

 

Mb/Solopos

Pos terkait