Pemerintah Provinsi Kepri Disarankan Miliki Radar Pendeteksi Kapal

Ketua Komisi II DPRD Kepri, Ing Iskandarsyah

Metrobatam.com, Tanjungpinanag – Ketua Komisi II DPRD Kepulauan Riau Iskandarsyah menyarankan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk memiliki radar guna mendeteksi kapal-kapal yang masuk ke wilayah itu.

“Radar dibutuhkan untuk memonitor seluruh kegiatan di perairan Kepri yang berbatasan dengan sejumlah negara tetangga,” kata Iskandarsyah di Tanjungpinang, Kamis.

Read More

Ia mengatakan pemantauan melalui sistem radar akan memperkuat pengawasan di kawasan perbatasan, termasuk sumber daya alam yang terkandung di dalamnya yang selama ini sering dicuri oleh nelayan asing.

“Pencurian ikan yang dilakukan nelayan asing sangat merugikan negara karena itu harus dihentikan dengan penguatan pertahanan keamanan di perairan Bintan, Natuna, dan Kepulauan Anambas,” katanya.

Menurut dia pemerintah dan masyarakat juga tidak menginginkan sejumlah pantai di Batam dan Bintan dikotori limbah oli setiap tahun. Sampai sekarang masih diselidiki pelaku yang mengotori pantai dengan oli.

Sistem radar juga dapat memantau aktivitas kapal yang membawa barang-barang dari Singapura dan Malaysia. Kapal-kapal yang diduga menyelundupkan barang-barang akan mudah dipantau oleh radar.

Selain itu, kata dia, radar juga akan memperkuat sistem pertahanan keamanan di kawasan perbatasan. Radar akan menghemat energi aparat yang mengawasi dan menjaga wilayah kedaulatan NKRI.

“Ini bagian dari penguatan pertahanan keamanan di wilayah NKRI,” ujarnya.

Dia mengatakan permasalahan anggaran dalam pengadaan radar tersebut dapat dibicarakan dengan pemerintah pusat. Saat ini, kata dia, pemerintah pusat fokus memperhatikan kawasan perbatasan di Kepri, seperti Kabupaten Natuna.

“Ini momentum yang baik untuk melobi pemerintah pusat agar pertahanan keamanan di Kepri semakin kuat,” katanya.

Mb/Antara

Related posts