Setelah 2 Tahun Dipinjam SBY, Mobil Kepresidenan Dikembalikan ke Istana

Metrobatam, Jakarta – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono telah mengembalikan mobil kepresidenan ke Istana. Sekretariat Kepresidenan langsung mengecek surat-surat resmi dari mobil Mercedes-Benz S600 tersebut.

“Tadi pagi menjelang siang, mobil kepresidenan yang dipinjam itu sudah dikembalikan dan kita terima secara resmi dengan berita acara,” tutur Kepala Sekretariat Kepresidenan Dharmansjah Djumala di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (22/3).

Bacaan Lainnya

Sebelumnya SBY juga telah menegaskan dalam keterangan resmi bahwa sejak awal dia ingin kembalikan mobil tersebut. Namum karena kondisi mobil yang tidak prima, maka SBY bermaksud memperbaikinya dahulu sebelum dikembalikan.

“Yang mana sebelumnya tidak ada surat-suratan, (sekarang) dikembalikan dengan surat resmi dan sudah kita terima dan akan kita check-up dan akan kita tune-up untuk memenuhi standar mobil kepresidenan. Perlu dicatat, mobil kepresidenan,” kata Djumala.

Dalam keterangan dari SBY, rangkaian perbaikan mobil tersebut baru rampung pekan lalu. SBY pun sudah memberi tahu staf serta ajudan yang melekat tentang hal ini.

“Tidak mungkin saya kembalikan mobil tersebut dalam keadaan rusak,” kata SBY melalui rilis yang diterima dari juru bicara Partai Demokrat Imelda Sari, Selasa (21/3).

SBY dipinjami mobil kepresidenan oleh negara setelah tak lagi menjabat pada akhir 2014. SBY menyebut mobil tersebut jarang dipakai dan saat dipakai sekitar 20 menit, langsung rusak.

“Sebenarnya mobil keras yang disediakan negara tersebut sangat jarang saya gunakan. Terakhir kali saya naiki bulan September 2016 (6 bulan yang lalu) dan waktu itu baru saya gunakan sekitar 20 menit langsung rusak,” ujar SBY.

SBY menambahkan, mobil tersebut kini telah berusia sekitar 10 tahun. Usia yang sudah satu dekade tersebut membuat mobil sering mengalami gangguan. “Mobil tersebut kini berusia 10 tahun dan mudah sekali mengalami gangguan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan mobil yang dipinjamkan tersebut akan segera dikembalikan ke negara. “Baru beberapa minggu lalu, sudah ada komitmen dari pihak beliau, mobil itu akan dikembalikan,” terang Djumala.(mb/detik)

Pos terkait