Petinju Inggris Anthony Joshua Memukul KO Klitschko

Anthony Joshua (kanan) menghajar Wladimir Klitschko dengan telak dalam perebutan gelar juara dunia di Wembley, London, 29 April 2017. (Reuters/Peter Cziborra)

Metrobatam.com, London – Petinju kelas berat asal Inggris, Anthony Joshua, berhasil menganvaskan petinju veteran asal Ukrainia, Wladimiri Klitschko dalam perebutan gelar juara dunia di Wembley, London, Sabtu (29/4).

Dalam pertarungan di hadapan 90 ribu penonton tersebut Joshua memukul KO Klitschko pda rende ke-11. Joshua pun berhak atas gelar juara dunia WBA, melengkapi gelar juara dunia IBF yang sudah ia miliki.

Pertarungan itu sendiri tak berlangsung mulus bagi petinju 27 tahun tersebut. Pasalnya, pada ronde ke enam Klitschko sempat menghajar Joshua hingga mencium kanvas pada ronde ke enam. Namun, Joshua mampu bangkit dan akhirnya mencatatkan kemenangan ke-19 dari 19 pertandingannya.

Bukan hanya itu, ini adalah kemenangan KO ke-18 yang beruntun bagi Joshua atas lawan-lawannya.

Bacaan Lainnya

“Apa yang bisa saya katakan? 19-0, dalam tiga setengah tahun di permainan ini. Seperti yang sudah saya katakan, saya tak sempurna namun saya mencoba dan jika anda tak mengambil bagian dari suatu hal anda akan gagal,” tukas Joshua usai mengalahkan petinju veteran berusia 41 tahun itu seperti dikutip dari AFP.

Sebagai catatan, terjatuhnya Joshua pada ronde keenam setelah kena pukulan Klitschko itu adalah yang pertama dalam karier dirinya sebagai petinju kelas berat profesional

Keberhasilan Joshua usai membuat KO Klitschko itu pun mengantarkan dirinya sebagai petinju asal Inggris yang mampu mengawinkan dua sabuk juara dunia sejak kali terakhir dilakukan Lennox Lewis pada 2002 silam.

“Pria terbaik adalah yang menang malam ini. Dan ini sebuah ajang besar dalam tinju,” tukas Klitschko usai pertandingan.

“Dua pejantan telah bertarung. Anthony lebih baik hari ini. Sungguh sedih atas apa yang tak bisa saya capai malam ini.”

Bagi Klitschko itu adalah untuk kali pertama dirinya terjatuh KO sejak terakhir kali terjadi pada 2004 silam saat menghadapi Lamon Brewster. Sementara itu kekalahan dari Joshua pun menambah catatan burukny jadi lima kali kalah. Selain itu sepanjang kariernya Klitschko sudah mencatatkan 64 kemenangan.

Bagi Klitschko ini adaah pertarungan kedua setelah dirinya kalah dari rekan senegara Joshua, Tyson Fury pada November 2015 silam. Klitschko pun gagal mengupayakan mengembalikan dua sabuk juara dari tiga yang direbut Fury 2015 silam.

CNN Indonesia

Pos terkait