oleh

Terjadi Pemadaman Listrik di Sejumlah Wilayah Batam, Ini Penyebabnya

Metrobatam.com, Batam – Corporate Secretary bright PLN Batam Samsul Bachri mengatakan bahwa terjadinya pemadaman listrik diakibatkan kelebihan beban pada mesin PLTG Panaran. Pada, Minggu (9/4/2017) mulai pukul 09.15 WIB. Penyebab terjadinya mati listrik ini terjadi over current pada mesin Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Panaran.

“Mesin-mesin unit pembangkit di Panaran mengalami gangguan karena kelebihan beban, jadi sampai sekarang teknisi-teknisi kita masih mengecek, dimana titik kelebihan bebannya,” kata Samsul bachri kepada awak media di ruang rapat bright PLN Batam, Minggu (9/4/2017.

Akibat gangguan di beberapa unit pembangkit Panaran, otomatis unit-unit mesin pembangkit di tempat yang lainnya juga ikut mengalami gangguan sehingga Batam mengalami pemadaman listrik.

“Jadi semuanya ini masalah teknis, akibat dari gangguan di unit-unit pembangkit Panaran unit-unit mesin lainnya juga terkena imbas termasuk pembangkit Tanjung Kasam,” jelasnya.

Untuk menghidupkan kembali pembangkit Tanjung Kasam, butuh waktu untuk menormalkan mesin selama 6 sampai 7 jam dari proses Firing (pemanasan) sampai sinkron ke konsumen atau kepada masyrakat.

“Mudah-mudahan 1 unit-unit mesin pembangkit di Tanjung Kasam sudah bisa beroperasi apabila tidak ada kendala, karena kalau satu unit saja sudah beroperasi, kita tidak akan mengalami defisit lagi,” lanjutnya.

” Penyebab-penyebab detail gangguan sedang dianalisa dan pemulihan langsung dilakukan, sehingga sistem Batam-Bintan dapat pulih secara bertahap. Perkirakan satu unit PLTU Tanjung Kasam masuk pukul 19:00 wib sehingga sistem Batam-Bintan dapat normal kembali,” tambah General Manager Generation and Transmission Bussines Unit, Hamidi Hamid.

“Kami tidak mau mati lampu apalagi kami bekerja di bright PLN Batam. Sebab kami sudah kerja sama dengan pemerintah daerah dan nama briht PLN Batam itu jangan sampai jelek dan jangan sampai bahan omongan oleh masyarakat, tapi sekali lagi kami mohon maaf dan bright PLN Batam terus melakukan evaluasi terhadap sistem kelistrikan agar lebih andal terhadap gangguan”, tutup Samsul.

Toni simamora

Editor : Andy Carlos

News Feed