oleh

Ustadz Jakfar Meninggal Saat Membaca Alquran di Rumah Mensos

Metrobatam, Surabaya – Nama ustadz Jakfar Abdul Rahman menjadi buah bibir di masyarakat saat ini. Pasalnya, qari atau ahli pembaca Alquran itu wafat saat membaca surat Al Mulk di atas panggung pada haul almarhumin keluarga besar Khofifah Indar Parawansa di Jalan Jemursari, Surabaya.

Kejadian langka tersebut tentu mendapat perhatian dari masyarakat. Bahkan video detik-detik meninggalnya sang ustadz menjadi viral.

Ustadz Jakfar sendiri merupakan salah satu qori terbaik di negeri ini. Almarhum pernah menjadi juara nasional MTQ Bali beberapa tahun lalu. Semasa hidup sang ustadz kerap kali mendampingi almarhum Zainuddin MZ ketika berdakwah di Jatim, karena suaranya yang merdu saat melantunkan ayat-ayat suci Alquran.

Ustadz Jakfar juga sering mendampingi H Rhoma Irama tatkala ada kegiatan di wilayah Jatim. Namun, kegiatan memenuhi undangan di luar Kota Surabaya mulai dibatasi sejak 2 tahun terakhir. Seiring dengan kondisi kesehatan ustadz Jakfar yang mulai menurun.

“Bapak memang mempunyai riwayat penyakit jantung. Dua tahun lalu penyakitnya bapak kambuh, bahkan harus masuk RSI Jemursari, Surabaya,” terang istri ustadz Jakfar, Rumi Nasiah, pada Okezone saat ditemui di rumahnya, Jalan Wonocolo Gang VI nomor 8, Rabu (26/4).

Pasca keluar dari rumah sakit, sambung Nasiah, Ustadz Jakfar tidak bisa memenuhi undangan di luar kota Surabaya. Ustadz Jakfar hanya menghadiri undangan di wilayah Surabaya. Dan haul di kediaman Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, dua hari lalu menjadi undangan terakhir baginya.

Menurut Nasiah, almarhum memenuhi undangan Khofifah tidak hanya kali ini, tetapi sudah sering. Bahkan, setiap bulan suci Ramadan, Ustadz Jakfar menjadi imam salat tarawih di kediaman Khofifah.

“Bapak sering diundang ibu Khofifah saat ada acara. Kalau bulan puasa, bapak menjadi imam salat tarawih di sana. Kan di rumah ibu Khofifah ditempati salat tarawih saat bulan puasa,” ucapnya.

Lebih lanjut wanita berhijab ini menceritakan, sewaktu sehat ustad Jakfar sering mendampingi da’i kondang KH Zainuddin MZ dan H Rhoma Irama ketika ada kegiatan di Jatim.

“Dulu bapak sering dampingi almarhum pak Zainuddin dan pak haji Rhoma Irama. Tapi, setelah kesehatannya mulai menurun, bapak tidak bisa jika diajak ke luar kota Surabaya,” paparnya.

Disinggung sebelum kejadian apa mempunyai firasat, ia mengaku tidak mempunyai firasat apapun. Tetapi, ada sesuatu yang tidak lazim yang terjadi pada suami tercintainya saat membaca surat Al Mulk di kediaman Mensos Khofifah.

“Saya melihat ketika membaca ayat suci Alquran bapak kurang meresapi, tidak seperti biasa dan seakan lebih enteng. Sebelum naik panggung (baca ayat-ayat suci Alquran) seperti gelisah. Nah, saat membaca Alquran bapak seperti pingsan. Lalu dibawa ke RSI dan dinyatakan meninggal oleh dokter,” ucap anggota PC Muslimat NU Kota Surabaya ini.

Ia menambahkan, Ustadz Jakfar memang mempunyai keinginan jika meninggal tidak ingin merepotkan orang lain, melainkan ingin meninggal secara cepat. Hal tersebut disampaikan almarhum usai menjenguk temannya yang sedang sakit stroke.

“Saya kaget dan terkejut atas kejadian ini, berangkat dari rumah paginya sehat, ketika baca Alquran di atas panggung sekitar pukul 10 an sudah tidak ingat lagi. Bapak memang pernah bilang ingin meninggal secara cepat, tidak ingin merepotkan orang lain,” kenang Nasiah yang sesekali meneteskan air mata.

Terpisah, Mensos RI Khofifah Indar Parawansa, menyatakan Ustadz Jakfar adalah tetangganya yang memang dikenal jago membaca Alquran sejak lama. Almarhum pernah juara nasional MTQ di Bali beberapa tahun lalu.

“Beliau memang pandai baca Alquran dan meninggal saat membaca Alquran. Semoga khusnul khotimah,” ucap Khofifah.

Seperti diketahui, ustadz Jakfar mengembuskan nafas terakhir saat membaca surat Al Mulk di acara Haul Almarhumin Keluarga Besar Khofifah Indar Parawansa di Jemursari, Wonocolo, Surabaya pada 24 April 2017.

Suara ustad Jakfar terdengar kian pelan ketika memasuki ayat ketiga. Tangannya yang memegang mikrofon jatuh. Kepalanya menunduk dan tubuh ustad roboh. Sebelum akhirnya meninggal dunia.

Surat Al Mulk sendiri menerangkan bagaimana Allah SWT menciptakan kematian dan kehidupan, dan supaya hamba-Nya bisa melakukan sesuatu untuk mendapatkan amal sebaik-baiknya.(mb/okezone)

News Feed