oleh

Iran Ancam Hancurkan Arab Saudi

Metrobatam, Jakarta – Menteri Pertahanan Iran menyatakan akan menyerang balik ke sebagian besar daerah Arab Saudi kecuali tempat-tempat suci Islam, jika kerajaan tersebut melakukan hal “bodoh.”

“Jika Arab Saudi melakukan hal bodoh, kita tidak akan menyisakan daerah manapun kecuali Mekah dan Madinah,” kata Menteri Pertahanan Hosserin Dehghan dilaporkan kantor berita Tasnim, dikutip Reuters, Selasa (9/5).

“Mereka pikir mereka bisa melakukan sesuatu hanya karena mereka punya angkatan udara,” ujarnya merujuk pada Yaman, di mana pesawat Saudi terus menyerang pasukan Houthi di Sanaa.

Dehghan, berbicara kepada Al-Manar TV, mengomentari pernyataan yang disampaikan Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman, yang menyebut persaingan pengaruh antara kerajaaan Islam Sunni dan revolusioner teokrasi Syiah semestinya dilakukan “di wilayah Iran, bukan di Arab Saudi.”

Arab Saudi dan Iran bersaing untuk memberikan pengaruh di Timur Tengah dan mendukung kelompok-kelompok yang bersaing di perang sipil Suriah. Iran menampik tudingan Saudi yang menyebutnya kerap mengirimi uang dan kadang bantuan persenjataan kepada kelompok yang mengancam Riyadh di sekitar dunia Arab.

Dalam komentar blak-blakan yang disiarkan di televisi, Pangeran Mohammed menyatakan tidak akan berdialog dengan Iran dan bersumpah akan melindungi kerajaan konservatifnya dari apa yang dia sebut sebagai upaya Teheran untuk mendominasi dunia Muslim.

Kita tahu kita adalah tujuan utama untuk rezim Iran,” ujarnya. “Kita tidak akan menunggu hingga peperangan terjadi di Arab Saudi tapi kita akan usahakan untuk berperang di Iran alih-alih di Arab Saudi.”(mb/cnn indonesia)

News Feed