oleh

Kalah di Exit Poll Pilpres Prancis, Le Pen Beri Selamat ke Macron

Paris – Calon presiden (capres) Prancis, Marine Le Pen, mengaku sudah menelepon lawannya, Emmanuel Macron. Le Pen mengaku telah memberikan selamat kepada Macron yang berdasarkan exit poll telah mengunggulinya dalam Pilpres Prancis putaran kedua.

CNN memberitakan Le Pen telah memberitahu para pendukungnya bila dia telah menelepon Macron untuk memberikan selamat. Le Pen mengatakan bila Prancis telah memilih kontinuitas. Dalam pidatonya, dia menyebut partainya, National Front, harus memulai kampanye baru setelah hasil tersebut.

“Kita harus memperbarui kekuatan kita dalam kejadian bersejarah ini. Saya mengusulkan agar kita memulai fase yang sama sekali baru untuk partai kita, yang diinginkan Prancis dan mutlak diperlukan. Saya mendorong semua pendukung saya untuk berkomitmen pada kampanye ini,” ucap Le Pen seperti dilansir CNN, Senin (8/5).

Sebelumnya, hasil exit poll dari sebuah lembaga survei independen menyebutkan Macron unggul 65,9 persen, sedangkan Le Pen mendapat 34,1 persen.

Sementara itu, kantor berita AFP menyebutkan bayangan kemenangan Macron sudah dekat dan akan menjadi kemenangan ‘bersejarah, hasil besar’ dalam Pilpres Prancis sepanjang sejarah.

Sebelumnya dalam putaran pertama yang digelar 23 April kemarin, Macron berhasil meraup suara terbanyak dengan 24,01 persen. Macron diikuti oleh Marine Le Pen, capres dari Partai Front Nasional Prancis, yang meraup 21,30 persen suara.

Presiden terpilih akan dilantik paling lambat 14 Mei untuk menggantikan Presiden Francois Hollande.(mb/detik)

News Feed