Kalahkan MU, Spurs Pastikan Posisi Runner-up

London – Tottenham Hotspur memastikan diri jadi runner-up Liga Inggris musim ini setelah menaklukkan Manchester United dengan skor 2-1.

Pada pertandingan pekan ke-37 yang juga laga kandang terakhirnya musim 2016/2017, Minggu (14/5) malam WIB, Spurs tampil dominan dengan unggul duluan lewat Victor Wanyama di menit keenam.

Spurs menggandakan keunggulan di awal babak kedua berkat gol Harry Kane sebelum MU mencetak gol hiburan lewat Wayne Rooney.

Kemenangan ini membuat Spurs mengunci posisi kedua Premier League musim ini. Dengan 80 poin dari 36 laga, The Lilywhites takkan lagi mampu dikejar Manchester City (72 poin) di posisi keempat meski sama-sama punya dua laga sisa.

Bacaan Lainnya

Sementara MU maksimal hanya bisa finis lima besar musim ini setelah kini masih tertahan di urutan keenam dengan 65 poin dari 36 laga.

Jalannya pertandingan

Duel kontra MU ini adalah momen spesial untuk Spurs karena jadi laga terakhir mereka di White Hart Lane yang sudah ditempati sejak 1899 itu. White Hart Lane akan dirubuhkan dan dibangun stadion baru untuk Spurs.

Selama musim depan, Spurs akan memakai Wembley sebagai kandang di kompetisi domestik maupun Eropa.

Spurs langsung menekan sejak menit awal dan tak memberikan kesempatan MU mengembangkan permainan. Alhasil di menit keenam, Spurs sudah membuat pendukungnya bersorak-sorai.

Dari korner Christian Eriksen, bola berakhir di kaki Ben Davies yang lantas mengirimkan umpan silang ke kotak penalti dan Victor Wanyama dengan bebas menyundul bola ke gawang David De Gea.

Spurs setelahnya lebih nyaman dalam mengalirkan bola dan menguasai pertandingan. MU mencoba menyerang lewat counter attack dan mendapat satu kans lewat Anthony Martial di menit ke-18.

Mendapat bola dari Wayne Roone, Martial yang dikawal Toby Alderweireld melepaskan sepakan ke tiang jauh dan beruntung masih melebar dari sasaran.

Semenit kemudian, Spurs membalas lewat Son Heung-Min yang menusuk ke daerah pertahanan MU dan menembak ke gawang. De Gea masih bisa menepis dan bola rebound disambar Eriksen tapi masih melayang.

Di menit ke-25 De Gea lagi-lagi menyelamatkan gawangnya dari kebobolan setelah crossing Eriksen dari sisi kanan ternyata langsung mengarah ke tiang jauh. De Gea dengan cekatan men-tip bola tersebut dan amanlah gawang MU.

Spurs terus menekan pertahanan MU dan membuat kerepotan De Gea di bawah mistar gawang yang harus membuat beberapa penyelamatan atas peluang Alli serta Son.

Hingga turun minum, Spurs tetap memimpin dengan skor 1-0.

Baru dua menit babak kedua berjalan, Spurs sudah menggandakan skor. Dari free kick Eriksen di sisi kanan pertahanan MU, bola yang mengarah ke depan gawang langsung disontek Kane untuk menaklukkan De Gea.

Son dapat kans di menit ke-52 tapi sepakannya masih tepat mengarah ke pelukan De Gea. Demikian juga dengan Kane semenit kemudian saat tendangannya tidak menemui sasaran.

Demi mempertajam lini serangnya, MU memasukkan Ander Herrera dan Henrikh Mkhitaryan di menit ke-61. Martial yang bermain di sisi kanan sedari babak pertama dipindah ke sisi kiri dan bergantian dengan Mkhitaryan.

Itu membuat MU lebih berani bermain menyerang dan di menit ke-64, Martial melepaskan sepakan yang memaksa Lloris susah payah menepisnya.

Di menit ke-71, MU memperkecil skor jadi 1-2 setelah pergerakan Martial di sisi kiri mampu menembus pertahanan Spurs yang diakhiri umpan tarik ke depan gawang. Rooney menyonteknya dan berhasil menjebol jala Lloris setelah bola membentur kaki Jan Vertonghen.

Spurs coba mencari gol tambahan lagi dan nyaris mendapatkannya di menit ke-84 ketika Alli mampu merangsek dari sisi kiri penyerangan. Tapi bola sepakannya berhasil dihalau Phil Jones di depan gawang.

Skor 2-1 akan bertahan hingga pertandingan berakhir.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Lloris; Trippier (Walker 83′), Alderweireld, Vertonghen, Davies; Wanyama, Dier; Eriksen (N’Koudou 92′), Alli, Son (Dembele 72′); Kane.

Manchester United: De Gea; Bailly, Jones, Smalling; Tuanzebe (Herrera 61′), Carrick, Rooney, Blind; Mata (Rashford 79′), Lingard (Mkhitaryan 61′); Martial.(mb/detik)

Pos terkait