8 Tips Mudik untuk Orangtua yang Bawa Bayi

Metrobatam.com, (Mb) – Ketika belum memiliki anak, mudik mungkin adalah hal yang mudah dilakukan. Melihat kemacetan sekaligus menikmatinya bisa menjadi kegiatan ‘menyenangkan’ Anda bersama pasangan. Namun, setelah memiliki anak, mudik biasanya cenderung merepotkan dan dua kali lebih melelahkan. Apalagi kalau anak masih bayi yang memerlukan lebih banyak perhatian dan mudah rewel. Tidak hanya membuat Anda stres, jika tidak dipersiapkan dengan baik, anak juga bisa ikut merasa stres. Berikut delapan hal yang perlu diperhatikan ketika membawa si kecil saat mudik.

1. Jangan Tunda Packing
Persiapkan barang-barang bawaan jauh-jauh hari semampu Anda. Terkadang hidup bisa penuh dengan kesibukan dan waktu untuk mengepak barang mungkin tidak cukup sehari saja. Pilih pakaian si kecil yang perlu dibawa dan segala macam kebutuhannya. Mungkin pula Anda perlu membeli beberapa pakaian yang lebih besar supaya sang anak bisa merasa nyaman dan tidak terlalu sempit atau kegerahan selama mudik.

2. Siapkan Camilan
Cara paling mudah untuk menenangkan anak mungkin dengan memberinya camilan kesukaan. Bawa sebagian camilan bayi yang bervariasi dan sebagian camilan yang bisa dimakan oleh Anda dan pasangan. Pilih juga camilan yang tidak membutuhkan persiapan tertentu dan mudah dimakan. Kalau khawatir berat badan melonjak atau risiko sakit meningkat setelah mudik, Anda bisa pilih camilan sehat yang tersedia di toko online. Saat ini sudah banyak toko yang menyediakan camilan sehat dan vegan yang bisa jadi alternatif camilan mudik Anda.

3. Bawa Stroller
Anda mungkin memang tidak tahu kapan butuh stroller untuk mudik. Namun, memang lebih baik membawa satu stroller yang nyaman agar si kecil tidak rewel dan bisa dibawa ke mana saja. Anak bisa saja merasa bosan saat berada di mobil ketika berhenti di pusat peristirahatan. Itu bisa menjadi waktu yang tepat untuk membawa anak jalan-jalan tanpa membuat Anda kelelahan. Pilih stroller yang praktis dan tidak terlalu berat sehingga mudah untuk dibawa ke manapun.

Bacaan Lainnya

4. Atur Jadwal Tidur
Selama perjalanan mudik, mungkin jadwal tidur Anda dan pasangan akan berantakan. Begitu pun dengan si kecil. Mudah apabila ia terganggu dengan suasana jalan yang penuh dengan kendaraan lalu lalang. Lagipula, bisa saja ia belum terbiasa dengan waktu perjalanan mudik yang cenderung cukup panjang. Sebaiknya, Anda tetap memberi jadwal tidur seperti biasa untuk anak. Selain membuat anak tidak mudah kelelahan, ini bisa menghindari Anda dan pasangan merasa pusing jika anak rewel.

5. Selipkan Barang Favorit
Entah itu guling, bantal, hingga mainan favorit, pastikan benda kesayangan si kecil tidak ketinggalan ketika mudik. Biasanya trik ini bisa membuat anak mudah terlelap saat di perjalanan atau bisa mengalihkan perhatian mereka dalam jangka waktu tertentu. Selain barang kesayangan, bawa iPad atau gadget lain juga bisa jadi opsi. Isi gadget dengan beragam video, permainan, buku, atau aplikasi lain yang mendidik untuk berjaga-jaga.

6. Hindari Jadwal Penuh
Jadwal kunjungan setelah sampai ke tempat tujuan biasanya memang mampu memenuhi dua hari Lebaran di kalender. Daripada menggunakan waktu seharian penuh untuk berkunjung, Anda bisa membagi-bagi hari untuk berkunjung ke kerabat dan tetangga. Luangkan satu hari untuk bersantai. Anda juga bisa melakukan kunjungan dan waktu santai secara selang-seling. Ini tidak hanya menghindari Anda dan pasangan stres, tetapi membuat si kecil merasa santai dan bebas bad mood.

7. Persiapkan Segala Hal
Ketika mudik dengan si kecil, mempersiapkan cadangan itu cukup perlu, seperti pakaian, popok, tisu basah, makanan, susu, dan lain-lain. Lalu, jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang diperlukan, dari obat nyeri, salep, hingga inhaler. Persiapkan apapun yang sekiranya dibutuhkan si kecil dan Anda dengan pasangan. Lebih baik punya persiapan daripada penyesalan di akhir.

8. Nikmati Momen
Momen mudik yang ramai memang hanya setahun sekali. Ini bisa jadi pengalaman pertama si kecil untuk merasakan hal-hal yang berkaitan dengan mudik. Mereka bahkan bisa jadi penasaran dan bertanya-tanya tentang hal-hal yang ditemuinya selama perjalanan. Manfaatkan momen ini untuk membuat memori indah dan menyenangkan bersama anak.

detik

Pos terkait