oleh

Duar! Diawali Ledakan, 4 Kapal Cepat Bantuan Pusat Habis Terbakar

Metrobatam, Pontianak – Empat kapal cepat milik Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat yang bersandar di bawah jembatan Jalan Kota Karang, Kecamatan Sukadana, ludes terbakar. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi, Selasa 25 Juli 2017 malam.

Dugaan sementara, api berasal dari percikan api yang dikeluarkan dari mesin generator set (genset) yang berada dalam kapal cepat operasional Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid.

Warga setempat, Sarial Solihin mengatakan, sebelum api membakar empat kapal itu, terdengar ledakan keras dari arah posisi bersandarnya kapal-kapal tersebut. “Sempat terdengar bunyi ledakan, sekitar jam 8 malam. Kemudian kami lihat ke arah sumber ledakan itu, api membesar dan menghanguskan kapal-kapal yang ada di sana,” kata Sarial, Rabu (26/7).

Informasi yang dihimpun Okezone menyebutkan, kapal itu merupakan bantuan pemerintah pusat untuk operasional perhelatan Sail Selat Karimata pada Oktober 2016. Oleh pemerintah Kayong Utara, kapal tersebut diberi nama Kayong 2.

Anak buah kapal (ABK) Kayong 2, Usmandi mengatakan, pada saat terjadi ledakan, mereka sedang mengisi bahan bakar di Kapal Kayong 1. “Tiba-tiba, kapal Kayong 2 mengeluarkan percikan api dari mesin listrik (genset) yang langsung menyambar kapal lainnya,” tuturnya.

Saat itu, ia langsung cepat menyelamatkan diri sambil melakukan pertolongan pertama serta menghubungi pemadam kebakaran. “Kami coba padamkan dengan alat seadanya,” ujar Usmandi.

Lokasi bersandar kapal yang setiap harinya memang berada tepat di bawah bibir jembatan ini menjadi kendala dalam proses pemadaman. Lantaran tiga kapal yang terbakar terbawa arus hingga berada di bawah jembatan penyeberangan. Serta satu kapal yang hanyut terbawa ke muara sungai.

Hampur dua jam proses pemadaman api. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Untuk kerugian dan penyebab pasti masih diselidiki kepolisian setempat.(mb/okezone)

News Feed