Halal Bi Halal Persatuan Masyarakat Selingsing Kota Batam

Metrobatam.com, Batam – Ratusan warga Lingga Kepulauan Riau (Kepri) yang tergabung dalam Persatuan Masyarakat Senayang, Lingga, Singkep (Selingsing) Kota Batam atau biasa disebut PMS menghadiri kegiatan Halal bi Halal yang dilangsungkan di Gedung Aula Lembaga Adat Melayu (LAM) pada Minggu (23/7/2017) pukul 13.00 wib siang.

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad menyebutkan, semoga yang hadir pada momen halal bi halal dilimpahkan rahmat dan karunia oleh Allah SWT. Dengan adanya momen silaturahmi ini semua dapat lebih kompak selalu untuk warga Selingsing.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulliah kita dapat berkumpul disini semua, jarang-jarang ada momen seperti ini,” ujar Amsakar Achmad, Minggu (23/7/2017).

Wakil Walikota Batam itu menyampaikan, ditengah pertumbuhan ekonomi di Batam saat ini yang tak begitu baik, diharapkan masyarakat Selingsing terutama tokoh yang ada untuk tidak menjadi spesimis.

“Kita harus cari solusi lain, masih banyak hal yang bisa diperbuat. Dan melalui Persatuan Masyarakat Selingsing yang ada di Batam mampu memberikan kontribusi untuk daerah yang kita cintai ini,” ucapnya.

Saat ini, Pemko Batam telah memberikan fasilitas untuk usaha melalui Pinjaman Badan Pendanaan Umum Kota Batam. Masyarakat Selingsing bisa mempergunakan program itu untuk mensukseskan usaha mandiri yang dijalankan.

“Gunakanlah dana itu. semisal kalau memimjam Rp100 juta dengan bunga sangat rendah sebesar 6 persen, bapak ibu cuma mengembalikan Rp106 juta selama setahun. Suku bunga paling murah. Mudah-mudahan warga selingsing dapat memanfaatkan hal itu untuk usaha yang dijalani,” kata Amsakar.

Disampaikan juga, Lingga itu tak hanya tercatat dalam sejarah, tapi anak yang lahir dari Lingga memang hebat. Seperti contoh walikota pertama di Batam berasal dari Lingga, anggota Anggota DPR RI juga dari Lingga dan masih banyak putra dan putri Lingga yang juga menduduki di pemerintahan.

“Banyak putra daerah dari Lingga jadi orang hebat, luar biasa,” serunya.

Maka, kata Amsakar lagi, satukan langkah untuk bisa bersatu demi kemajuan Batam. Kalau semua yang hadir kompak, Amsakar meyakini semua tujuan akan tercapai.

“Pupuk kebersamaan ditingkat masyarakat sehingga dapat memberikan kontribusi untuk daerah Batam kita cintai ini,” pesannya.

Ditempat yang sama, Datok Setia Amanah Drs H Nyat Kadir mengatakan, diharapkan melalui Persatuan Masyarakat Selingsing ini lebih aktif memberikan kontribusi melalui bidang-bidang kegiatan sosial kemasyarakatan, tak hanya terhadap masyarakat Lingga saja, namun untuk umum juga.

“Itulah guna organisasi sebagai wadah untuk mempersatukan, dan menuangkan pokok pikiran dan menyampaikan juga aspirasinya,” tutur Anggota DPR RI itu.

Pada umumnya, sambung Nyat, warga selingsing lebih banyak berwirausaha. Maka perlu dapat dana pinjaman melalui koperasi atau simpan pinjam, sehingga dapat mngoptimalkan bidang usaha yang dijalankan. Seperti wira usaha kuliner dengan memajukan makanan khas Melayu, kreatifitas pernak pernik, dan tentunya memaksimalkan kreatifitas hasil laut menjadi olahan terbaik.

“Tapi jangan wirausaha semua, namun juga perlu orang Lingga menduduki pemerintahan, berpolitik dan selain ekonomi,” tuturnya.

Datok Nyat Kadir juga memberikan apresiasi kepada Ketua Selingsing Batam, atas terbentuknya paguyuban masyarakat Senayang, Lingga dan Singkep.

“Saya berharap keluarga Lingga lebih kompak, dengan adanya persatuan Selingsing. Saya apresiasi kepada Ketua Selingsing bu Siti Aisyah. Dan juga tolong lebih diperhatikan lagi warga Lingga, data semua keanggotaan,” timpal Datok Setia Amanah.

Selanjutnya, Ketua Umum Persatuan Masyarakat Senayang, Lingga, Singkep (Selingsing) Kota Batam, Hj Siti Aisyah, SE mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para tokoh Lingga, Datok-Datok dan pemangku kebijakan serta warga Selingsing yang dapat hadir dalam acara yang telah diselenggarakan tersebut.

“Syukur Alhamdulillah, kita bisa bertemu, bertatap muka, dan juga kedepan hendaknya kita bisa membuat kegiatan lebih baik lagi,” tutupnya.

Dengan mengusung tajuk “Bersatu Menguatkan Tali Silaturahmi Bersama Membangun Kota Batam”, acara berbahagia tersebut di hadiri oleh Ketua LAM Kota Batam Datok Setia Amanah Drs H Nyat Kadir, yang juga anggota Komisi IV DPR RI, Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad, Anggota DPD RI Hardi S Hood, Anggota DPRD Provinsi Kepri Asmin Patros, Ketua Umum Persatuan Masyarakat Senayang, Lingga, Singkep (Selingsing) Kota Batam Hj. Siti Aisyah, SE dan seluruh tokoh masyarakat Selingsing Lingga.

ToniMb/Edwinkritisnews

Pos terkait