Putaran Kedua Liga 1 Akan Libatkan Wasit Asing

Metrobatam, Jakarta – Operator PT Liga Indonesia Baru (LIB) bikin trobosan baru demi meningkatkan mutu kompetisi Liga 1 2017. Salah satu caranya adalah melibatkan wasit asing.

CEO LIB Berlinton Siahaan mengatakan, dari persentase 100 persen pertandingan, setengahnya bakal dipimpin wasit asing di paruh kedua musim Liga 1 2017.

Bacaan Lainnya

Keputusan ini tak lepas dari banyaknya keluhan dan protes soal kinerja wasit di lapangan. Tak jarang surat resmi juga dikirimkan kepada operator kompetisi.

Berlinton menyebutkan ada sekitar delapan wasit termasuk asisten wasit di Liga 1 yang harus dievaluasi PSSI.

“Atas persetujuan PSSI kami boleh menggunakan wasit asing. Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas kompetisi supaya profesional dan bermartabat,” tegas Berlinton di Kantor LIB, Selasa (18/7).

Nantinya, hanya wasit tengah yang akan menggunakan jasa asing. Sementara hakim garis masih akan menggunakan tenaga lokal.

“Secara administrasi, ini kan lintas negara. Kami minta ke PSSI untuk bersurat ke AFC dan UEFA. AFC akan mencari federasi yang bersangkutan untuk diberikan tugas kepada wasitnya,” tambah Tigor Shalomboboy, COO LIB.

Belum bisa dipastikan asal negara wasit yang akan digunakan, namun diwajibkan mengantongi lisensi FIFA.

“Dari 100 persen pertandingan, hanya 50 persennya yang akan pakai wasit asing. Pertandingan mana yang pakai wasit asing, sistem yang mengaturnya berdasarkan parameter yang sudah dibuat.”

Rencana mendatangkan wasit asing memang bukan hal baru. Kepengurusan PSSI era Djohar Arifin Husein juga pernah menggagas ide serupa karena buruknya kinerja wasit lokal. Namun, hingga kini belum pernah terealisasi. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait