oleh

Dibandingkan Batam, Turis Singapura Pilih Liburan ke Johor Baru Malaysia

Metrobatam.com, Batam – Masyarakat Singapura ternyata masih memilih Johor Baru, Malaysia sebagai destinasi akhir pekan mereka. Hal ini terlihat dari banyaknya wisatawan Singapura yang datang ke Malaysia dibandingkan ke Kepulauan Riau (Kepri). Di mana menurut data tahun lalu, ada sekitar 13,1 juta wisatawan yang datang ke sana.

Jumlah tersebut sangat jauh dibandingkan wisatawan Singapura yang datang ke Kepri, yakni hanya sebesar 1 juta. Demikian menurut Visit Indonesia Tourism Officer, Suchaiman Shehdek. Padahal Kepri letaknya juga sangat dekat dengan Negeri Singa tersebut.

Ia mengatakan, orang Singapura lebih memilih liburan ke Johor Baru karena akses yang tidak terlalu sulit dibandingkan ke Batam, Kepri.

“Aksesibilitas ke Batam sudah baik, cuma masyarakat Singapura jika pergi ke Malaysia hanya dengan menggunakan satu mobil dengan 4 atau 5 orang di dalam dapat langsung (berangkat). Kalau ke sini (Kepri), perlu menaiki ferri, kemudian charter mobil pribadi,” ucap Suchaiman Shehdek kepada VIVA.co.id saat ditemui di Batam Hotel and Resort, Jumat, 18 Agustus 2017.

Ia juga mengungkapkan, biasanya wisatawan Singapura yang datang ke Kepulauan Riau untuk menghabiskan waktu akhir pekan akan mengunjungi kawasan belanja seperti di Nagoya Batam dan melakukan kegiatan golf di kawasan Nagoya.

“Rata-rata orang Singapura menghabiskan waktu di sini 2 hari 1 malam, dengan spending 200 dollar Singapura,” ujarnya.

Dia pun mengatakan untuk menarik wisatawan Singapura yang lebih banyak lagi, Kepulauan Batam dan Bintan harus dapat menciptakan produk-produk wisata, seperti event yang menarik.

“Kita perlu siapkan dengan sebaik mungkin, kita punya potensi yang bagus di sini. Tinggal mengemasnya saja. Lihat di Singapura, tidak ada apa-apa. Wisatanya hanya wisata buatan. Ada laut, resor, pusat-pusat perbelanjaan dan masih banyak lagi,” katanya lagi.

Ia menilai, jika mampu menciptakan event wisata yang tepat, maka wisatawan Singapura pasti akan berbondong-bondong berkunjung ke Kepri. Tentu ini akan mendatangkan banyak devisa untuk negara, karena daya beli masyarakat Singapura terbilang tinggi mengingat pendapatan per kapita mereka yang memang sangat tinggi.

Vivanews

News Feed