Penyerangan Pos Brimob di Tembagapura, Polisi Duga Pelaku Kelompok Kriminal Bersenjata

Metrobatam, Timika – Polda Papua membenarkan peristiwa penembakan yang terjadi di Mile Point (MP) 67, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Minggu (29/10). Kabid Humas Kombes Pol AM Kamal, SH menyatakan, penembakan dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang mengklaim diri sebagai anggota TPN-OPM terhadap pos Satgas Brimob.

“Terjadi penembakan terhadap pos Satgas Brimob yang diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata,” kata Kamal.

Bacaan Lainnya

Kamal menjelaskan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.35 WIT, dimana anggota Satgas yang sedang menempati pos RPU di MP 67 ditembak KKB dari arah ketinggian, sebelah kiri jika dilihat dari arah MP 68 – Tembagapura.

“Kemudian anggota Satgas membalas tembakan beberapa kali, kemudian tembakan anggota tersebut dibalas dengan tembakan sebanyak 5 kali,” katanya.

Saat itu, Kepala Ops Amole, Kepala Satgas, Wakil Kepala Satgas dan Danyon B Brimob Mimika, bersama anggota kebetulan melintasi tempat kejadian. Kemudian mendatangi tempat kejadian untuk bergabung dengan anggota yang berada di Pos Brimob dan melakukan standby.

“Aparat gabungan Satgas Brimob dan TNI melakukan pengejaran terhadap para pelaku penembakan, yang diduga melarikan diri ke area Hidden Valley – MP 66,” katanya lagi.

Saat ini langkah-langkah kepolisian yang diambil Satgas Brimob bersama TNI, tengah melakukan pengejaran dan standby di sekitar tempat kejadian.

“Personel gabungan Brimob dan TNI masih siaga di tempat kejadian. Selain itu aparat gabungan juga melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut. Sementara masih dilakukan penambahan dari Mapolres dan Satgas Brimob lainnya untuk membantu pengejaran. Para karyawan dan warga yang berada disekitar penembakan dievakuasi menuju Sport Hall MP 68 agar terhindar dari aksi penembakan,” tutupnya. (mb/okezone)

Pos terkait