Perahu Pengungsi Rohingya Tenggelam Dekat Bangladesh, 8 Orang Tewas

Dhaka – Sebuah perahu yang dipenuhi pengungsi Rohingya tenggelam saat berlayar ke Bangladesh, dari Myanmar. Sedikitnya 8 orang tewas tenggelam dan puluhan orang lainnya hilang.

Dituturkan Komandan Penjaga Perbatasan Bangladesh (BGB), Letnan Kolonel SM Ariful Islam, kepada AFP, Senin (16/10), bahwa perahu yang membawa 50 pengungsi Rohingya itu tenggelam di muara Sungai Naf, yang memisahkan Myanmar dan Bangladesh.

Dituturkan Ariful Islam bahwa delapan jenazah tersapu hingga ke tepi sungai. Sedangkan 21 orang lainnya berhasil selamat setelah berenang ke tepi.

“Delapan orang tewas. Mayoritas anak-anak,” sebut Ariful Islam, sembari menyebut perahu yang tenggelam merupakan jenis perahu pencari ikan berukuran kecil, yang kelebihan muatan.

Bacaan Lainnya

Ariful Islam menyatakan, penjaga perbatasan dan patroli laut masih melakukan operasi pencarian dan penyelamatan di Sungai Naf.

Secara terpisah, seorang penjaga perbatasan lainnya menuturkan kepada AFP bahwa perahu pengungsi Rohingya itu tenggelam di perairan berjarak 200 meter dari garis pantai Bangladesh, saat gelombang sangat besar sangat deras.

Pejabat lokal Bangladesh, Fazlul Haq, menyebut perahu itu dimiliki seorang warga desa Bangladesh yang meraup banyak uang dengan membawa warga Rohingya ke Bangladesh. Perahu berukuran kecil itu tergolong rapuh untuk digunakan berlayar di perairan yang memiliki gelombang besar.

Para pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari konflik yang melanda Rakhine, Myanmar, biasanya dimintai sejumlah besar uang jika ingin mengungsi ke Bangladesh dengan perahu.

Insiden semacam ini cukup sering terjadi. Pekan lalu, sebuah perahu berisi pengungsi Rohingya tenggelam dan menewaskan 34 orang. Dalam enam pekan terakhir, nyaris 200 pengungsi Rohingya tewas tenggelam dalam insiden serupa. (mb/detik)

Pos terkait