Runway Bandara Supadio Banjir, Penumpang Mengamuk

Metrobatam, Jakarta – Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, kebanjiran. Akibatnya, sejumlah penerbangan dibatalkan dan sebagian lagi ada yang mengalami keterlambatan.

“Ada 12 penerbangan dibatalkan dan 36 penerbangan dinyatakan delay,” ujar petugas call centre AP II, Roni, saat dihubungi detikcom, Minggu (12/11), pukul 23.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Roni menambahkan, bagian bandara yang banjir berada di landasan pacu atau runway. Banjir di lokasi terjadi sejak pukul 17.30 WIB. Sedangkan kondisi ruang tunggu penumpang tidak banjir. “Banjir di runway sekitar pukul 17.30 WIB dan menyebabkan runway tidak bisa digunakan,” ucapnya.

Dia belum tahu kapan bandara akan beroperasi. Hingga pukul 23.30 WIB, bandara Supadio masih belum bisa beroperasi. “Mengenai kapan bisa beroperasi kami belum menerima update,” ujarnya.

Akibat dari adanya penutupan Bandara diperkirakan sekitar 1000 penumpang terganggu perjalanannya. Namun, meski sudah diberi kompensasi, tak sedikit pula penumpang mengamuk dengan kebijakan yang diberikan pihak maskapai.

Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Purwanto menerjunkan personel tambahan di bandara.

“Kita akan monitor terus kejadian ini. Termasuk menambah anggota untuk pengamanan sebagai upaya antisipasi hal-hal tidak diinginkan,” kata Purwanto.

Hingga saat ini, bandara masih belum dibuka. Pihak bandara tengah melakukan upaya perbaikan dengan menyedot air genangan yang melebar sekitar 10 meter ke sisi runway.

Sedangkan BMKG Suadio Pontianak memprediksi cuaca hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai angin masih terus bertahan. Diprediksi durasi waktu bertahan hingga malam hari. (mb/detik/okezone)

Pos terkait