Angin kencang, Ganggu Jaringan Telkomsel di Pulau Tiga Natuna

Metrobatam.com, Natuna – Akibat dari buruknya intensitas cuaca yang terjadi dalam beberapa hari ini menimbulkan banyak dampak negatif terhadap masyarakat. Dampak itu berimbas terhadap menurunnya kualitas jaringan telekomunikasi yang beroperasi wilayah Natuna.

Manager Network Operation PT. Telkomsel Batam Andi Suapril mengatakan, menurunnya kualitas jaringan ini disebabkan adanya gangguan yang terjadi pada salah satu site tower Radio Link IPLH yang ada di Pulau Sabang Mawang atau Lagong, Kecamatan Pulau Tiga Kabupaten Natuna. Gangguan terjadi disebabkan oleh angin kencang yang menerpa, membuat posisi antena yang mengarah ke Subi bergeser.

Read More

“Iya, awalnya kita kira antena yg disubi, rupanya yang di lagong. Pergeseran antena, menyebabkan linknya putus. Oleh tim radio kita, sudah dipastikan antena pada tower di Lagong Sabang Mawang yang mengarah ke Subi bergeser dari posisinya“, ujar Andi yang dihubungi via Whatsapp, Sabtu (13/01).

Andi juga menjelaskan bahwa pihak teknisinya belum dapat melakukan perbaikan disebabkan faktor cuaca yang masih memburuk, dengan kondisi angin yang sangat kencang akan beresiko tinggi bagi teknisi yang bekerja diatas ketinggian pada tower.

“Saat ini belum bisa ditroubleshooting, tim belum bisa naik ke atas tower karena angin masih sangat kencang, sangat beresiko untuk personil yang bekerja diatas ketinggian “, lanjut Andi.

Untuk saat ini service 3G dan 4G yang menggunakan tranport Radio Link IPLH, untuk sementara dikembalikan ke via satelit, sampai kondisi memungkinkan buat teknisi untuk melakukan perbaikan.

Padahal kondisi jaringan akses internet yang dirasakan lebih meningkat selama ini, dikarenakan sistem operasinya sudah beralih menjadi Radio Link IPLH yang terhubung dari Sambas, Serasan, Subi, Pulau Lagong Sabang Mawang.

Budi Arifin

Related posts