Bintan Kembali Raih Predikat B dalam LAKIP Tahun 2018

Metrobatam.com, Bintan – Pemerintah kabupaten Bintan kembali meraih predikat B dalam Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) Tahun 2018, penyerahan penghargaan diberikan oleh Menteri Pan RB Asman Abnur, SE. Msi dan diterima langsung oleh Sekda Bintan Adi Prihantara, MM di Aula Hotel Radisson, Kota Batam, Kamis (25/1).

Dalam laporannya, Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan M Yusuf Ateh mengatakan bahwa dalam melakukan penilaian dan evaluasi LAKIP Tahun 2018 ini ada dua faktor yang sangat ditekankan dalam evaluasi dan penilaian yaitu terkait belanja publik yang perlu ditekan karena keterbatasan sumber daya dan publik menuntut peningkatan kualitas dalam pelayanan, kedua faktor tersebut menjadikan seluruh Provinsi dan Kabupaten / Kota harus mampu mengefisensikan birokrasi melalui penerapan manajemen kinerja.

“Menetapkan tujuan/prioritas yang jelas, mengukur pencapaian, menetapkan target dan mengaitkan tujuan dengan program dan kegiatan, jika empat manajemen kinerja tersebut dapat diterapkan maka akan menghasilkan Good Governance ( pemerintah yang berorientasi kepada hasil yang dicapai ),” terangnya

Sementara itu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi, Birokrasi, Asman Abnur, SE. M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwasanya pemerintahan jaman now harus mampu mengalokasikan anggaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti arahan Presiden RI Ir. Joko Widodo terkait permasalahan efisiensi birokrasi, stop pemborosan anggaran, Money Follow Program, e-Goverment dan fokus kinerja bukan SPJ.

Bacaan Lainnya

Dengan demikian, output yang dihasilkan adalah mampu menghemat jumlah anggaran yang dibelanjakan dari kegiatan-kegiatan yang tidak penting, anggaran hanya digunakan untuk membiayai program prioritas yang mendukung pencapaian pembangunan serta anggaran dapat menghasilkan manfaat besar bagi masyarakat,” ungkapnya

Ditemui seusai penyerahan, Sekda bintan Adi Prihantara, MM mengucapkan terima kasih kepada seluruh OPD yang telah bekerja dengan baik dengan mengedepankan efisiensi kinerja dan pada tahun ini mampu mempertahankan predikat B, kedepan pemerintah kabupaten bintan akan berupaya menerapkan apa yang telah menjadi arahan presiden republik Indonesia dan yang disampaikan MenPan RB agar tahun depan pemerintah kabupaten Bintan dapat meningkatkan status predikatnya,” tutupnya.

Budi Ariffin

Pos terkait