Selama 20 Tahun Terpasung, Suhari Akhirnya Dibebaskan

Metrobatam, Malang – Setelah hampir 20 tahun terpasung, Suhari akhirnya dibebaskan. Pria berusia 57 tahun itu, terisolasi karena dianggap menderita gangguan jiwa.

Sebuah ruangan kecil berada di belakang rumah orang tuanya di Dusun Tunjungsari, Bantur, Kabupaten Malang, menjadi tempat Suhari menghabiskan waktunya.

Bacaan Lainnya

Terisolasi tanpa bisa berinteraksi dengan dunia luar. Alasan keluarga, trauma gangguan mental yang diidap Suhari.

“Bersama jajaran muspika serta dinas terkait, kami mendatangi keluarga untuk membebaskan yang bersangkutan dan selanjutnya dibawa ke rumah sakit jiwa agar mendapat perawatan,” ujar Kapolsek Bantur AKP Yatmo saat dikonfirmasi, Selasa (16/1).

Jauh-jauh hari upaya pembebasan Suhari dari pasungan telah dilakukan polisi, koramil serta kecamatan setempat. Keluarga berulangkali diundang untuk menyelesaikan tak juga kunjung hadir.

Hingga petugas akhirnya mendatangi rumah keluarga, sekaligus lokasi pemasungan Suhari. “Kami memberikan pemahaman, jika yang dilakukan melanggar undang-undang dan pasien semestinya mendapatkan perawatan di rumah sakit untuk kesembuhannya,” beber Yatmo.

Pada akhirnya, keluarga merelakan Suhari untuk menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa Sumberporong, Lawang, Kabupaten Malang.

“Dengan program bebas pasung, tak ada lagi tindakan seperti yang dialami Suhari oleh keluarga. Mereka akhirnya bisa menerima dan kami membawanya untuk mendapatkan perawatan medis,” tegas Yatmo. (mb/detik)

Pos terkait