Benamkan West Brom 3-0, City Kian Jauhi MU

Manchester – Manchester City membenamkan West Bromwich Albion dengan skor 3-0 di pekan ke-25 Premier League. Kemenangan telak ini menjauhkan City dari kejaran rival terdekatnya, Manchester United.

Menjamu West Brom di Etihad Stadium, Kamis (1/2) dinihari WIB, City memainkan Aymeric Laporte sebagai starter. Absennya John Stones karena sakit memberi kesempatan kepada bek yang baru dibeli dari Athletic Bilbao itu untuk menjalani debutnya bersama The Citizens.

Read More

City menguasai jalannya permainan dari awal hingga akhir dan menciptakan banyak peluang. Tapi, tim tuan rumah cuma unggul 1-0 saat turun minum berkat gol Fernandinho pada menit ke-19.

Pada babak kedua, City yang masih dominan mampu melesakkan dua gol tambahan melalui Kevin De Bruyne di menit ke-68 dan Sergio Aguero di menit ke-89.

Kemenangan ini mengukuhkan posisi City di puncak klasemen sementara dengan perolehan 68 poin. City memperlebar jarak dengan MU menjadi 15 poin. City terbantu kekalahan 0-2 yang diderita MU di kandang Tottenham Hotspur.

Sementara itu, West Brom tetap menempati dasar klasemen karena baru mengoleksi 20 poin.

Jalannya Pertandingan

City memiliki kesempatan untuk unggul ketika De Bruyne melepaskan tembakan spekulasi dari sisi kanan. Namun, kiper West Brom, Ben Foster, masih bisa mengantisipasi tembakan De Bruyne pada menit ke-15 itu.

City membuka keunggulannya empat menit kemudian melalui gol Fernandinho. Kecerdikan De Bruyne dalam mengirimkan umpan terobosan jadi kunci dalam lahirnya gol ini. Fernandinho yang menerima umpan tersebut mampu menuntaskannya menjadi gol setelah sontekannya melewati sela-sela kaki Foster.

De Bruyne menyia-nyiakan sebuah peluang emas pada menit ke-28. Dia tinggal berhadapan dengan Foster di kotak penalti West Brom, tapi penyelesaiannya bisa digagalkan.

Tak berselang lama, De Bruyne kembali punya peluang. Tapi, tembakannya dari depan kotak penalti cuma mengenai mistar.

Peluang lainnya diperoleh De Bruyne pada menit ke-36. Gelandang asal Belgia itu menyambar umpan dari Aguero, tapi tembakan kerasnya dimentahkan oleh Foster. Hingga berakhirnya babak pertama, skor belum berubah. City masih unggul 1-0.

Sterling layak menyesali kegagalannya memanfaatkan sebuah peluang emas di awal babak kedua. Sterling sebenarnya sukses mengecoh satu pemain lawan dan tinggal menembak ke gawang dari jarak dekat. Tapi, penyelesaiannya malah melenceng.

Memasuki menit ke-52, City nyaris menambah keunggulannya. Dalam posisi membelakangi gawang, Aguero menyontek bola dari jarak dekat. Tapi, Foster masih mampu menghalaunya.

Rapatnya pertahanan West Brom membuat City sempat kesulitan untuk menciptakan peluang. Tim tuan rumah pun mencoba tembakan-tembakan jarak jauh. Bernardo Silva melakukannya pada menit ke-65, tapi tembakannya ditepis Foster. Tak berselang lama, Oleksandr Zinchenko juga melakukan hal serupa, tapi arah bola melenceng tipis.

City baru bisa mengubah skor menjadi 2-0 pada menit ke-68 setelah De Bruyne mencetak gol. Dalam sebuah serangan balik kilat, De Bruyne membawa bola dari tengah lapangan hingga wilayah pertahanan West Brom. James McClean mencoba menekel De Bruyne, tapi gagal menghentikannya.

De Bruyne kemudian mengoperkan bola ke Sterling yang berada di sebelah kirinya. Sterling yang tinggal berhadapan dengan Foster tak langsung menembak, tapi mengembalikan bola ke De Bruyne. De Bruyne menuntaskan serangan ini dengan sontekan ke gawang kosong.

Tak berselang lama setelah mencetak gol, De Bruyne menjajal peruntungannya lewat tembakan spekulasi dari tengah lapangan. Tapi, Foster masih bisa menyelamatkan gawang West Brom meski dengan susah payah.

Di menit ke-71, peluang lainnya datang untuk City. Kyle Walker mengeksekusi sebuah tendangan bebas, tapi tembakannya yang mengarah ke gawang ditepis Foster.

Walker mendapatkan kesempatan lagi pada menit ke-79. Dia menyambar bola liar di kotak penalti dengan tembakan voli, tapi arah tembakannya masih sedikit melambung.

Sebuah serangan balik City lima menit kemudian terbuang percuma. Umpan Sterling membuat Brahim Diaz tinggal menghadapi Foster, tapi penyelesaian Diaz dimentahkan oleh kiper West Brom itu. Bola kemudian dikuasai oleh Bernardo Silva, tapi tembakan Silva masih melenceng.

Aguero memantapkan kemenangan City lewat golnya pada menit ke-89. Usai menerima operan dari Sterling, penyerang asal Argentina itu dengan dingin mencungkil bola melewati adangan Foster untuk memastikan City menang 3-0.

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson, Walker, Laporte, Otamendi, Zinchenko, Fernandinho, David Silva (Guendogan 39′), De Bruyne (Diaz 78′), Sterling, Bernardo Silva, Aguero

West Bromwich Albion: Foster, Nyom, McAuley, Dawson, Field (Phillips 55′), Yacob, Hegazi, Krychowiak (Barry 33′), McClean, Rondon (Diaz 78′), Rodriguez. (mb/detik)

Related posts