Buaya 5 Meter Pemangsa Manusia Ini Mati Masuk Perangkap Warga

Metrobatam, Palangkaraya – Seekor buaya jantan sepanjang 5,18 dan lebar 70 cm ditangkap di sungai di Desa Sebangau Besar, Kalimantan Tengah. Hewan ini diburu petugas dan warga karena diduga memangsa seorang warga warga.

“Betul, sudah ditangkap oleh petugas bersama masyarakat,” kata petugas Tim Rescue Reaksi Cepat BKSDA Kalimantan Tengah, Muhammad Hifzi Irsada, saat dihubungi detikcom, Selasa (13/2).

Read More

BBKSDA Kalteng dalam penjelasannya menyatakan, buaya berukuran besar ini diyakini memangsa warga RT 02 RW 01, Desa Sebagau Jaya, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, Sabtu (20/1) lalu. Sebelum diterkam buaya, Aman saat itu sedang mencari udang di Muara Sungai Sebangau Besar, Kabupaten Pulang Pisau.

Buaya ini diburu oleh petugas bersama warga pada Sabtu (20/1). Buaya akhirnya berhasil ditangkap pada Jumat (2/2) lalu di muara Sungai Sebangau Besar. BKSDA Kalteng menyatakan buaya itu ditemukan sudah dalam keadaan mati, setelah memakan umpan yang disiapkan di kalang (alat tangkap ikan).

BKSDA mengakatan warga merasa terbantu dengan tertangkapnya buaya ini. Hingga hari ini, warga sudah tenang beraktivitas sebagai nelayan. Warga sempat berhenti beraktivitas di sungai selama hampir 2 minggu karena trauma dan takut dimangsa buaya.

Sebagai antisipasi, BKSDA Kalimantan Tengah telah memasang papan imbauan di Desa Sebagau Jaya dan di sekitar muara Sungai Sebangau Besar. Papan imbauan itu dipasang agar warga tetap waspada. (mb/detik)

Related posts