Longsor Terjang Banyuwangi, 2 Orang Meninggal

Metrobatam, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan telah terjadi longsor di Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur yang menewaskan dua orang.

Kepala Pusat Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pada Minggu (4/2) pukul 02.00 WIB saat hujan lebat, terjadi tanah longsor di Dusun Sambungrejo RT02/RW03, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Read More

“Longsor kembali terjadi dipicu hujan lebat dan menimbulkan korban jiwa. Longsor terjadi pada tengah malam saat penghuni rumah tidur. Tebing longsor kemudian menimpa rumah di bawahnya sehingga menyebabkan dua orang tewas dan satu orang luka berat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (4/2).

Ia menjelaskan, hujan lebat mengakibatkan tanah longsor dan membuat tebing pondasi ambrol mengenai rumah Sumiran (55) yang pada saat itu sedang tidur. Masyarakat setempat yang melihat kejadian tersebut langsung melakukan evakuasi rumah dan korban ditemukan 2 orang meninggal dunia dan 1 orang selamat.

Nama-nama tiga orang yang korban adalah, Sumiran (55) meninggal dunia, Salamah (43) meninggal dunia, dan Azizah (6) selamat dan dirawat di Puskesmas Songgon. Satu rumah rusak berat dengan kerugian ditaksir mencapai Rp60 juta.

“Tim BPBD Kabupaten Banyuwangi tiba di lokasi untuk membantu evakuasi dan melakukan koordinasi dengan pemerintahan setempat. Warga dibantu BPBD serta unsur relawan melakukan pembersihan rumah yang sudah rata dengan tanah,” jelas Sutopo. (mb/cnn indonesia)

Related posts