Puncak Longsor, 2 Tewas dan 4 Orang Diduga Masih Tertimbun

Metrobatam, Bogor – Bencana longsor yang melanda lima lokasi di kawasan Puncak menimbulkan korban jiwa. Dua orang tewas dan empat orang diduga tertimbun longsoran di Riung Gunung, Puncak.

“Informasi dari warga diduga ada empat orang yang tertimbun longsor di Riung Gunung,” kata Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika Gading kepada detikcom, Senin (5/2).

Read More

Riung Gunung, Kecamatan Cisarua tepatnya dekat Gunung Mas menjadi salah satu lokasi longsor di Puncak. Longsor setinggi 15 meter menutupi badan jalan di dekat Riung Gunung, sehingga kendaraan tidak dapat dilalui.

Selain itu, kata Dicky, seorang pemotor yang menjadi korban longsor di Pinus dilaporkan selamat dalam peristiwa tersebut. “Satu orang pemotor di Pinus selamat,” imbuh Dicky.

Sebelumnya, Dicky menyampaikan bahwa dua orang tewas akibat longsor di dekat Masjid At-Ta’awun, Puncak. Saat ini polisi bersama tim SAR masih terus melakukan proses evakuasi.

Longsor yang terjadi di lima titik menimbulkan akses menuju ke kawasan Puncak tertutup. Polisi juga menutup total akses ke atas, kecuali kendaraan yang mau turun dari Puncak ke Jakarta atau dari Puncak ke Cianjur.

Longsoran menutupi setengah badan jalan. Longsor dengan ketinggian sekitar 15 meter menutupi sebagian jalan sehingga tidak bisa dilalui.

Hujan deras yang terjadi mengakibatkan sejumlah titik di kawasan Puncak terkena tanah longsor. Longsor terjadi di lima titik di kawasan Puncak, Kecamatan Cisarua, Bogor.

Berikut ini kelima titik longsor tersebut:

  • Di daerah Widuri, Kecamatan Cisarua, longsor tanah setinggi 10 meter sehingga menutup sebagian setengah jalan.
  • Di sekitar Grand Hill Cusarua, tanah memenuhi hampir setengah jalan dari tebing perumahan, mengakibatkan bahu jalan ambles dan material tanah dari tebing menutup sebagian bahu jalan.
  • Di daerah Riung Gunung, Kecamatan Cisarua, dekat Gunung Mas, longsor setinggi 15 meter, menutupi badan jalan sehingga kendaraan tidak dapat dilalui.
  • Di sekitar Masjid At-Ta’awun, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, material tanah menutup jalan nasional dengan ketinggian longsor 15 meter.
  • Dekat tugu Botol Kecap Riung Gunung, longsor menutup setengah jalan. (mb/detik)

Related posts