Transaksi Pembayaran di Pelabuhan SBP Tanjungpinang akan Gunakan Uang Elektronik

Metrobatam.com Tanjungpinang – Wajah Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) yang menjadi salah satu pintu masuk untuk menuju Ibukota Provinsi Kepulauan Riau, Kota Tanjungpinang kini telah banyak mengalami pembenahan, untuk menunjang kemajuan itu pihak Pelindo akan melakukan perubahan segala bentuk transaksi pembayaran yang ada di pelabuhan menjadi uang Elektronik, hal itu disampaikan General Manager (GM) Pelindo I Kota Tanjungpinang, I Wayan Wirawan dikantornya, Kamis (01/02).

” Memaksimalkan pembenahan pelabuhan Sri Bintan Pura, kami juga akan membuat terminal yang seluruh sistem pembayarannya sistem uang elektronik (E-Money),” kata wayan.

Read More

Ditahap awal kata Wayan, ada 4 Bank besar yang akan bekerja sama dengan Pelindo sebagai penyedia kartu elektronik ini, diantaranya Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BCA dan Bank BNI.

” Nanti sistemnya itu seperti isi ulang pulsa, kalau habis tinggal di isi saldonya,” sebutnya.

Untuk sistem baru ini menurut Wayan,akan diresmikan bersamaan dengan Pelabuhan SBP pada 9 Maret 2018 ini,dengan dihadiri Mentri BUMN,akan membagikan 4.000 kartu gratis.

“Untuk tahap awal kita akan sosialisasikan selama 6 bulan, ada 4 ribu kartu akan dibagikan 9 Maret nanti ” bebernya

Wayan mengharapkan, SBP akan menjadi Pelabuhan percontohan bagi seluruh Pelabuhan yang ada di Indonesia, khususnya Kepri.

“Insya allah kami yang pertama membuat program ini,” ungkapnya.

Wayan menjelaskan Program – program yang menggunakan pembayaran kartu elektronik diantaranya :

  1. E Pass tap and go
    Artinya, pass masuk pelabuhan hanya menggunakan kartu E money dan di tap-kan pada mesin barrier gate.

2.E-Ticketing,
Artinya, penumpang sedang dalam proses pembangunan system, dan kapal atau Ferry lalu akan mengadakan pembelian Tiket secara Online dimanapun dan kapanpun.

3.System E-Berthing
Artinya, Jasa tambat ferry atau kapal yang memiliki permohonan, pranota, nota dan pembayaran secara elektronik serta non tunai. Hal ini bertujuan untuk melakukan pembayaran Auto colection host to host, setelah ada barcode pihak pelayaran Tapkan pintu barrier gate terbuka di ponton, barulah kapal boleh menaikkan dan menurunkan penumpang.

  1. E-parking
    Artinya, masuk dalam area parkir Pelabuhan cukup tap kan kartu e-money lalu ke pintu barrier gate, selanjutnya pintu pun akan terbuka.
  2. E-Food
    Artinya setiap Belanja makanan Dan minuman di dalam Cafetaria di dalam Area Pelabuhan memakai Kartu E money.

Dengan adanya program ini, diharapkan semua pihak mendukung terwujudnya pelayanan terbaik di terminal SBP.

“Ini tidak akan bisa terealisasi dengan baik jika tidak ada dukungan bersama oleh seluruh stake holder terkait, baik itu swasta maupun instansi pemerintahan dan pengguna jasa. Harapan kami, kepada seluruh elemen agar dapat mendukung program Smart Terminal SBP ini. Karena SBP ini merupakan Centre Point of Tanjungpinang City,” tutupnya.

Budi Arifin

Related posts